Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : KISAH PARA RASUL 8:14-17

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang dilakukan rasul-rasul di Yerusalem ketika mendengar bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah?
  2. Apa yang didoakan oleh kedua rasul setibanya di Samaria?
  3. Apakah Roh Kudus telah turun atas orang-orang yang sudah dibaptis dalam nama Tuhan Yesus?
  4. Bagaimana cara orang-orang Samaria yang telah percaya menerima Baptisan Roh Kudus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes untuk pergi ke Samaria.

Kedua rasul ini harus datang karena sekalipun orang-orang Samaria telah dibaptis dalam nama Yesus namun Roh Kudus belum turun di atas seorangpun diantara mereka.

Kisah ini membuktikan bahwa semua murid-murid yang percaya setelah mereka menerima baptisan air langkah selanjutnya adalah menerima Roh Kudus agar mereka dapat dipenuhi oleh Roh Kudus.

Pada kejadian ini tidak diceritakan apa yang menyebabkan orang-orang ini belum menerima Roh Kudus, namun ketika kedua rasul berdoa dan menumpungkan tangan atas mereka maka mereka dapat menerima Roh Kudus.

Penumpangan tangan para rasul kepada murid-murid yang belum menerima Roh Kudus menyebabkan mereka dapat menerima Roh Kudus saat itu.

Kebenaran ini memberikan dasar kepada kita bahwa Roh Kudus dapat diberikan melalui penumpangan tangan pemimpin yang diberikan mandat oleh Tuhan untuk memberikan Roh Kudus kepada orang-orang percaya.

Tentu orang-orang yang percaya harus beriman dan memilki kehausan agar mengalami baptisan Roh Kudus.

Tuhan menginginkan apapun yang kita minta harus dimulai dengan iman dan pemahaman akan janjiNya.

Bila saudara saat ini telah berdoa dan belum yakin apakah telah mengalami baptisan Roh Kudus maka saudara bisa mendatangi pembimbing rohani atau gembala dimana saudara beribadah.

Janji turunnya Roh Kudus atas semua orang percaya adalah kerinduan Tuhan sendiri.

Sudah seharusnya setiap orang percaya mengalami baptisan Roh Kudus sebagai awal suatu kehidupan rohani dan pelayanan yang disertai oleh pimpinan Tuhan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.