Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : KISAH PARA RASUL 1:12-14

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Ke mana murid-murid Yesus pergi melakukan perjalanan setelah Yesus terangkat ke surga?
  2. Apa yang mereka lakukan di Yerusalemn?
  3. Apa yang mereka lakukan dengan tekun dan sehati?
  4. Apakah ada perempuan dalam kelompok doa itu?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Perikop yang kita baca hari ini memberikan gambaran bagaimana murid-murid masih dalam kondisi kehilangan Yesus yang beberapa waktu sebelumnya telah meninggalkan mereka ke surga.

Suasana saat itu tentu tidak mudah, selain mereka kehilangan harapan karena sang Guru yang telah lebih dulu pergi mereka juga berhadapan dengan ahli Taurat dan orang-orang Yahudi yang sebelumnya tidak menyukai ajaran Kristus.

Sekalipun dalam suasana seperti itu mereka masih mengingat apa yang Yesus janjikan sebelum terangkat, yaitu bahwa mereka para murid-muridNya akan menerima kuasa bila Roh Kudus turun atas mereka.

Janji turunnya Roh Kudus adalah satu-satunya harapan yang masih bisa mereka pegang dalam kondisi saat itu agar mereka dapat melaksanakan apa yang diamanatkan Yesus sebelum terangkat ke surga.

Sekalipun dalam kondisi yang tidak mudah kita bisa membaca bahwa murid-murid tetap dalam komunitas sehingga mereka dapat bersama-sama menantikan apa yang Yesus janjikan.

Murid-murid bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, mereka tidak memisahkan diri tetapi justru tetap berkumpul dan tentu masih terus melanjutkan pelayanan kerasulan.

Bila kita baca ayat-ayat selanjutnya mereka masih aktif untuk menentukan siapa yang akan menggantikan Yudas agar pelayanan tetap efektif dengan tidak kekurangan jumlah murid.

Pada hari Pentakosta ketika mereka berkumpul di suatu tempat saat itulah janji mengenai Roh Kudus digenapi.

Mereka penuh dengan  Roh Kudus dan sejak saat itu mereka berjalan dalam kuasa seperti yang telah dijanjikan Yesus.

Dimulai dari hari Pentakosta hingga hari ini Roh Kudus telah turun dan memenuhi orang-orang percaya, setiap saat kita bisa dipenuhi oleh Roh Kudus.

Bila Saudara belum mengalami baptisan Roh Kudus berdoalah untuk mendapatkannya, bacalah janjiNya mengenai Roh Kudus dan nantikan dengan iman apa yang dijanjikanNya digenapi dalam hidup saudara.

Tetaplah berada dalam komunitas untuk bisa saling mendoakan, kita belajar dari murid-murid pada saat itu bahwa selain tekun berdoa mereka tetap dalam komunitas dan terus melakukan aktivitas pelayanan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan