Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : MATIUS 3:8-12

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Buah yang sesuai apa yang harus kita hasilkan? Apa maksudnya?
  2. Apa maksud bahwa Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu?
  3. Sebagai tanda apa pembaptisan air yang dilakukan Yohanes pembaptis?
  4. Bila Yohanes pembaptis membaptis dengan air, dengan apa Yesus akan membaptis?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Di dalam alkitab secara eksplisit tidak pernah disebutkan Yesus membaptis dengan air, namun bukan berarti Yesus tidak setuju dengan baptisan air.

Yesus sendiri datang kepada Yohanes pembaptis untuk dibaptis olehnya (Matius 3:13-14), pada perikop hari ini kita diingatkan kembali bahwa kita tidak cukup dengan melakukan baptisan air, tetapi juga perlu baptisan Roh Kudus. 

Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.” 

Oleh karena kata baptis berarti dibenamkan, maka baptisan Roh Kudus berarti dibenamkan ke dalam Roh Kudus.

Jika dibaptis Roh Kudus, maka Roh Kudus akan memenuhi kita sampai kita mengalami kepenuhan Roh Kudus.

Sama seperti Yesus memulai pelayanan setelah dibaptis oleh Yohanes pembaptis dan Roh Allah turun atasNya, demikian juga baptisan Roh Kudus dalam hidup kita oleh Yesus adalah awal dari perjalanan kita bersama Roh Kudus.

Yesus membaptis kita dengan Roh Kudus dengan tujuan untuk kita dapat melanjutkan dan menyelesaikan tugas Bapa dengan kuasa dan otoritas ilahi.

Yesus dapat melakukan dan menyelesaikan tugas Bapa karena tidak hanya sekedar sebagai manusia tetapi juga senantiasa penuh dengan Roh.

Sejatinya Yesus telah mempraktekkan bagaimana dalam wujud manusia yang hidup dalam daging tetapi tidak dikuasai oleh daging namun dipenuhi oleh Roh Kudus sehingga dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan ajaib.

Kita sebagai murid-muridNya tentu memiliki kerinduan untuk berjalan dalam kuasa dan kemenangan sama seperti Yesus, untuk itu kita perlu dibaptis oleh Roh Kudus.

Bila saudara belum mengalami baptisan Roh Kudus, berdoalah dan minta kepada Bapa untuk dapat mengalami baptisan Roh Kudus, sampaikan juga kepada pembimbing rohani atau gembala di mana saudara beribadah untuk saudara dapat didoakan juga.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.