Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 16:7-11

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Mengapa lebih berguna bagi kita jika Yesus pergi ke Surga?
  2. Siapa yang diutus Yesus sebagai Penghibur ketika Dia pergi ke Surga?
  3. Apa yang akan dilakukan oleh Penghibur itu bila Dia datang?
  4. Mengapa Roh Kudus datang untuk menginsafkan dunia akan dosa?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Ketika Yesus terangkat ke surga, segala sesuatu yang telah ditugaskan Bapa telah selesai dilakukanNya, Yesus telah meletakkan dasar yang cukup agar murid-muridNya dapat melanjutkan apa yang menjadi tugas Bapa.

Yesus telah menjadi yang pertama dan sekaligus teladan bagi kita bagaimana Dia sekalipun dalam keberadaannya sebagai manusia dapat memanifestasikan kuasa dan sekaligus karakter ilahi.

Yesus bisa saja hidup sampai usia katakanlah 60 tahun atau lebih untuk dapat mempersiapkan dan mendewasakan murid-muridNya, tetapi mengapa waktuNya di bumi begitu singkat? 

Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu(Yohanes 16:7)

Yesus mengatakan bahwa lebih baik Roh Kudus yang datang dan melanjutkan tugas Bapa untuk memimpin seluruh murid-muridNya.

Yesus menyadari akan keterbatasan jasmani, lebih baik Roh Kudus yang kekal dan tidak terbatas yang akan melanjutkan tugas Bapa melalui kita semua orang percaya yang telah menjadi murid-muridNya.

Tugas lain dari diutusNya Roh Kudus adalah untuk menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman, Yesus tahu bahwa hanya Roh Kuduslah yang dapat melakukan itu, kita hanya sebagai alatNya agar berita mengenai dosa, kebenaran dan penghakiman sampai kepada orang-orang di sekitar kita.

Hikmat, pengetahuan dan pengalaman kita hanyalah pelengkap agar kita dapat menyampaikan dengan baik, tetapi tanpa kuasa Roh Kudus tidak ada manusia yang dapat insaf akan dosa, kebenaran dan penghakiman.

Kita semua percaya bahwa Roh Kudus tinggal dalam hidup kita dan memimpin kita, namun tidak sedikit orang percaya mengabaikan kuasaNya bekerja untuk mengubah hidupnya dan sekaligus menyalurkan kasih Bapa kepada orang-orang di sekitarnya.

Kita harus senantiasa ingat bahwa kita dulunya juga adalah orang berdosa dan menjadi insaf akan dosa, kebenaran dan penghakiman karena Roh Kudus, saat ini kita juga masih dibentuk oleh Roh Kudus.

Perubahan hidup kita adalah manifestasi kuasa Roh Kudus yang dapat dilihat oleh orang-orang di sekitar kita.

Kehidupan kita adalah bukti nyata karya Roh Kudus yang menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman.

Jadi setelah orang dunia diinsafkan akan dosa tentu mereka juga akan melihat kita, seperti apa kita telah berubah oleh karya Roh Kudus.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.