Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : KISAH PARA RASUL 1:6-11

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Kisah Para Rasul 1:8.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang akan diterima oleh murid-murid Yesus ketika Roh Kudus turun ke atas mereka?
  2. Untuk tugas apakah yang harus mereka lakukan?
  3. Di manakah mereka harus menjadi saksi dan apakah bentuk kuasa yang diberikan oleh Tuhan kepada mereka melalui Roh Kudus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Sebelum Yesus naik ke surga, Dia telah berjanji bahwa bagi gereja-Nya Dia akan mengirimkan Roh Kudus, di mana Roh Kudus diam di dalam kita, menyertai kita dan kita akan mengenal pribadi Roh Kudus.

“Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.” (Yohanes 14:15-17).

Roh Kudus yang tinggal dalam kita sebagai jaminan terhadap janji-janji Allah akan digenapi dalam hidup kita.

“Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.” (Efesus 1:14).

Dan Roh Kudus juga menyertai hidup kita supaya tujuan dan tugas-tugas dari Tuhan dapat kita selesaikan selama di muka bumi.

Tugas kita adalah untuk menjadikan dunia ini sebagai murid Tuhan dengan melalui pemberitaan Injil dan pemuridan.

Untuk tugas ini diselesaikan maka Roh Kudus diberikan kepada kita sebagai kuasa yang menyertai hidup kita untuk bersaksi.

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Para Rasul 1:8).

Dan kuasa Roh Kudus juga membuat tujuan Tuhan atas kita dapat digenapi yaitu menjadikan kita serupa dengan Yesus.

“Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.” (II Korintus 3:17-18).

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana kuasa Roh Kudus bekerja dalam hidup saudara untuk melakukan tujuan Allah dalam hidup saudara.