Renungan Harian Kita
Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : GALATIA 5:16-18

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang menjadi syarat agar orang tidak hidup menuruti keinginan daging?
  2. Jika kita hidup dalam Roh, apa yang terjadi dengan hukum Taurat?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Galatia 5:16  Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. 

Setelah seseorang dilahirkan baru, tentu ia masih memiliki berbagai keinginan untuk dilakukan.

Dan tidak semua keinginan itu baik adanya, Alkitab menyatakan bahwa keinginan yang tidak baik itu adalah keinginan daging seperti percabulan, perselisihan, kedengkian, dll.

Orang yang tidak memiliki hubungan pribadi yang erat dengan Tuhan, yang diwujudkan dalam kegemaran untuk berdoa, membaca Firman, memuji dan menyembah Tuhan.

Maka segala keinginan daging itu akan terus menerus merongrong dia.

Dan solusi atas hal ini sangat jelas, hiduplah oleh Roh, yaitu dengan memahami:

Pertama, kita harus menyadari bahwa peranan Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya sangatlah penting sehingga kita harus menerima Roh Kudus bekerja dalam hidup kita.

Kedua, kita hidup oleh Roh dengan cara menggantikan perbuatan daging kita dengan perbuatan yang menghasilkan buah Roh. Baru kemudian kita bisa sampai pada tahapan hidup yang dipimpin oleh Roh Kudus .

Kesimpulannya, hidup yang dipimpin oleh Roh Kudus adalah suatu keharusan bagi setiap orang percaya dan supaya kita bisa hidup dipimpin oleh Roh Kudus maka kita perlu menyadari bahwa peranan Roh Kudus sangat penting sehingga kita harus menerima-Nya.

Yang dibuktikan dengan keinginan dan Tindakan kita untuk hidup oleh Roh, itu semuanya perlu kita lakukan agar hidup kita bisa dipimpin oleh Roh Kudus.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Saudara, dalam kelompok pemuridan, ceritakan pengalamanmu ketika engkau gagal dan ketika engkau berhasil untuk hidup dipimpin Roh Kudus.