Renungan Harian Kita
Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 1 KORINTUS 14:1-4

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Karunia apakah yang lebih utama dibandingkan karunia yang lain?
  2. Apa yang membedakan karunia bahasa roh dan karunia bernubuat?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

1 Korintus 14:4  Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat. 

Bernubuat adalah karunia yang lebih utama dibandingkan karunia bahasa roh, karena karunia bernubuat itu membangun, menasehati dan menghibur jemaat.

Sedangkan karunia bahasa roh lebih berfungsi untuk membangun diri sendiri.

Dengan demikan jelas bahwa karunia bahasa roh seharusnya lebih sering digunakan ketika kita sedang sendiri, dibandingkan ketika sedang bersama banyak orang.

Tentang karunia sebagian sinode gereja menganggap bahwa karunia-karunia Roh Kudus itu hanya ada pada masa gereja yang mula-mula.

Tetapi Firman Tuhan justru menegaskan bahwa karunia Roh Kudus justru akan terjadi di masa-masa akhir jaman.

Kisah 2:16,17  tetapi itulah yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi Yoel: Akan terjadi pada hari-hari terakhir–demikianlah firman Allah–bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi. 

Bagi kita yang meyakini bahwa jaman ini adalah yang dimaksud dengan “hari-hari terakhir”, maka kita tidak perlu ragu bahwa Tuhan memang sedang bekerja membangkitkan gereja-Nya dari “tidur panjang”.

Dengan demikian mari kita gunakan segenap karunia Roh Kudus yang Tuhan beri, bagi kemuliaan Tuhan.

Karunia bahasa roh, gunakan sesering mungkin, karena karunia ini secara khusus memang untuk membangun diri kita agar semakin kuat dan teguh di dalam Tuhan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Saudara, dalam kelompok pemuridan, diskusikan bagaimana menerapkan karunia berbahasa roh ini dalam situasi bekerja atau bersekolah dan di tempat-tempat umum lainnya.