Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : EFESUS 6:19-24

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang Paulus minta doakan kepada jemaat di Efesus pada perikop ini?
  2. Apa maksudnya bahwa Paulus melayani sebagai utusan yang dipenjarakan?
  3. Mengapa Paulus membutuhkan doa untuk suatu keberanian?
  4. Apa maksud Paulus mengutus Tikhikus kepada jemaat di Efesus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Paulus adalah salah satu Rasul yang sangat produktif tidak hanya dalam membangun jemaat-jemaat baru di kota-kota yang dikunjunginya tetapi juga dalam menulis surat-surat yang meneguhkan jemaat di berbagai tempat yang dilayaninya.

Latar belakang hidupnya sebagai ahli Taurat membuat Paulus memahami dengan baik kitab Taurat dan hubungannya dengan Injil yang diberitakannya, hal ini membuat pemberitaannya menarik banyak orang dari berbagai kalangan bahkan sampai kepada kaisar.

Sebagai seorang rasul Paulus banyak mengalami hambatan, tekanan dan intimidasi dari golongan-golongan yang tidak menyukai injil Keselamatan yang diberitakannya.

Permintaannya kepada jemaat Efesus untuk mendoakannya agar memiliki keberanian menyatakan Injil keselamatan membuktikan bahwa ada intimidasi yang menakutkan terjadi atas hidupnya, Paulus mungkin tidak takut mati tetapi dia menyadari akan kelemahannya dan perlu dukungan dari jemaat yang dilayaninya.  

Setiap kita dipanggil untuk memberitakan Injil KerajaanNya, namun kita percaya ada orang-orang seperti Paulus mendapat panggilan khusus untuk tidak hanya memberitakan injil tetapi juga diutus untuk membangun jemaat di daerah yang Tuhan kehendaki.

Mari kita terus mendukung mereka dalam doa dan juga dana, mereka dipanggil Tuhan secara khusus untuk pergi sementara kita yang tetap tinggal dipanggil  untuk mendukung mereka melalui doa.

Sebagai pemberita injil saudara-saudara kita ini mengalami berbagai hambatan dan tekanan tidak hanya secara mental tetapi juga secara rohani oleh karena bekerjanya roh-roh jahat yang tidak menyukai kehadiran mereka.

Mereka membutuhkan dukungan doa agar ketika memberitakan injil dikaruniakan perkataan yang benar dan dengan penuh keberanian menyatakan injil serta memanifestasikan Kristus dalam seluruh aktivitas mereka.

Tidak sedikit utusan-utusan injil yang harus mati sebagai martir, masih menjadi misteri apakah karena mereka tidak kita dukung dalam doa dengan baik atau karena memang darah mereka harus dicurahkan sebagai martir.

Terlepas dari semuanya itu tugas kita adalah membantu mereka berperang secara rohani melalui doa-doa kita karena kita adalah satu tim pasukan Kristus dengan tugas yang berbeda.

Sudahkah saudara mendukung pelayanan para pemberita injil di daerah-daerah ini?

Mari kita semua ambil bagian dalam pelayanan ini, karena tidak ada yang sia-sia dengan pelayanan kita kepada mereka.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.