Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : EFESUS 6:14-18

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang harus kita gunakan dalam segala keadaan untuk memadamkan panah api dari si jahat?
  2. Kapan kita diminta untuk beroda di dalam roh?
  3. Siapa yang kita doakan dengan permohonan yang tak putus-putusnya?
  4. Siapakah orang-orang kudus yang disebut dalam perikop ini?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita tentang perlengkapan senjata rohani yang dimiliki prajurit-prajurit Kristus dalam peperangan melawan roh-roh jahat.

Dalam pertempuran secara jasmani perlengkapan senjata lengkap memang hanya dibawa pada saat perang atau latihan, namun kita tahu bahwa peperangan rohani kita berlangsung setiap waktu.

Iblis seperti singa yang mengaum di sekeliling kita untuk siap menelan kita bila tidak berjaga-jaga, “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.”  

Oleh karena itulah kita diingatkan agar berdoa setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang kudus.

Permohonan yang tak putus-putusnya dalam perikop ini berbicara mengenai doa peperangan rohani yang terus menerus.

Permohonan yang tak putus-putus adalah doa pasukan Kristus yang penuh kuasa menggunakan Firman Tuhan sebagai pedang roh untuk sigap mematahkan siasat dan tipu daya iblis yang tengah dilancarkan bagi orang-orang kudus yaitu kita semua orang-orang yang telah dikuduskan oleh darah Kristus.

Para pemimpin perlu didukung dengan doa yang tak putus-putus karena mereka adalah sasaran utama iblis, kejatuhan para pemimpin akan berdampak pada banyak orang percaya yang dipimpinnya.

Kita semua perlu saling mendoakan dalam doa yang tak putus-putus agar bisa saling menjagai dari intimidasi dan tipu daya iblis.

Sebagai gembala kita perlu berdoa tak putus-putus untuk jemaat yang Tuhan percayakan, untuk jemaat di persekutuan yang Tuhan percayakan, sebagai pemimpin PA kita juga perlu untuk berdoa tak putus-putus untuk seluruh kelompok PA yang Tuhan percayakan kepada kita, itulah bentuk pelayanan yang bisa kita lakukan dalam suatu jemaat lokal.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.