Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 1 KORINTUS 6:17-20

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang terjadi ketika kita mengikatkan diri pada Tuhan?
  2. Apa artinya tubuh kita sebagai bait Roh Kudus?
  3. Mengapa dikatakan “bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?”
  4. Dengan apa kita memuliakan Allah?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Pada masa Perjanjian Lama, baitNya masih dimanifestasikan sebagai suatu bangunan tempat ibadah di mana hanya imam yang dikhususkan yang bisa berdoa dan mempersembahkan korban kepada Tuhan.

Semua orang boleh datang ke baitNya namun tidak semua orang bisa masuk ke ruangan maha kudus dan berbicara langsung kepada Tuhan.

Pada masa Perjanjian Baru ini Allah melawat kita secara khusus, Dia memberikan AnakNya yang tunggal sebagai penebus dosa kita, sehingga kita tidak perlu mengorbankan apapun juga untuk bisa menjadi kudus seperti pada masa Perjanjian Lama.

Tidak hanya itu, kita juga diberikan Penolong yang tinggal dalam hidup kita yaitu Roh KudusNya.

Roh Kudus yang memenuhi hidup kita akan membimbing kita untuk menggenapi rencana Tuhan atas pilihan dan panggilanNya pada hidup kita.

Roh Kudus yang akan memimpin kita dengan kuasa dan otoritasNya, oleh karena itulah kita dapat berdoa tidak hanya dengan penuh keyakinan tetapi juga apa yang kita doakan sesuai dengan isi hati dan kerinduan Bapa.

Sebagai baitNya kita dapat berdoa di manapun kita berada dalam seluruh aktivitas kita, kita tidak hanya bisa berdoa di dalam gedung gereja dan kamar pribadi, tetapi juga di kantor, di kampus, di tempat kita bekerja, di manapun dalam perjalanan kita, kita tidak perlu mencari tempat ibadah untuk berdoa, karena baitNya berada bersama-sama dengan kita.

Pertanyaannya adalah jika kita adalah baitNya dan Roh Kudus bersama dengan kita mengapa doa-doa kita tidak terjawab?

Mengapa kita berdoa untuk orang sakit agar sembuh tetapi tidak sembuh?

Mengapa kita telah berdoa bertahun-tahun tetapi Tuhan belum menjawab?

Saudara, silakan bertanya kepada Roh Kudus yang ada dalam hidup kita, tidak mungkin Dia tidak menjawab, mari kita lembutkan hati kita untuk mendengar suaraNya, Dia tidak jauh tapi mungkin pikiran kita yang lebih mendominasi, mungkin Dia sudah berkata tetapi kita tidak mendengarNya, mari kita evaluasi bersama dengan Roh Kudus dan biarkan Dia berkata-kata secara pribadi kepada saudara lebih banyak daripada doa-doa yang kita naikkan, dan pastikan kita taat untuk melakukan apa yang Dia sampaikan.

Selamat berdoa.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.