Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : ROMA 8:19-26

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang dirindukan oleh seluruh makhluk?
  2. Apa yang terjadi saat ini dengan seluruh makhluk ?
  3. Apa yang terjadi ketika kita menantikan pengharapan yang belum terlihat?
  4. Apa yang dilakukan Roh dalam kelemahan kita?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Dunia  memang bukan tempat yang ideal bagi anak-anakNya, bahkan Tuhan mengingatkan untuk kita tidak menjadi serupa dengan dunia ini tetapi berubah oleh pembaharuan budi kita.

Dunia memiliki nilai-nilai sendiri yang cenderung bertentangan dengan kebenaran Firman Tuhan, tugas kita justru menjadi terang di tengah dunia yang gelap agar mereka melihat perbuatan baik kita dan memuliakan Bapa di surga.

Menjadi terang membutuhkan pengorbanan, sama seperti Yesus ketika datang ke dunia dan mengalami berbagai penolakan dan penderitaan.

Yesus telah menyelesaikan dengan baik apa yang menjadi tugas Bapa, saat ini kita sebagai jemaatNya kita dipilih menjadi muridNya dan diberi kuasa untuk melanjutkan misi Bapa.

Kuasa Roh Kudus telah dicurahkan kepada kita sebagai jemaatNya, penderitaan karena nama Kristus dan karena tidak mengikuti cara-cara dunia adalah bagian anugerah yang melekat kepada jemaatNya.

Bila Yesus berhasil menyelesaikan tugasNya dengan sempurna maka kita sebagai anak-anakNya dapat meneladani bagaimana Yesus dapat menuntaskan tugasNya.

Kuasa yang sama seperti Yesus gunakan pada saat di dunia inilah yang membantu kita dalam kelemahan kita.

Setiap kita memiliki pergumulan yang unik disaat menghadapi nilai-nilai dunia ini, baik itu di tempat kerja, di sekolah/kampus, di dalam masyarakat di mana kita tinggal.

Roh Kudus tidak hanya memberi kekuatan kepada kita untuk menghadapi pengaruh dunia tetapi juga membantu kita untuk mengkomunikasikan kelemahan kita kepada Bapa.

Tidak sedikit anak-anak Tuhan bahkan hamba Tuhan yang jatuh karena persoalan tersangkut masalah keduniawian, hal ini terjadi bukan karena mereka tidak kuat iman mereka tetapi karena kita lebih memilih untuk melakukan apa yang dunia lakukan.

Bapa sudah memberikan seorang penolong yang pasti sanggup menolong kita, Roh Kudus sanggup menolong kita untuk tidak mengikuti keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup, yang menjadi persoalan adalah apakah kita memilih pilihan yang diberikan Roh Kudus atau mengikuti keinginan kita sendiri.

Berjaga-jagalah dan berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.