Renungan Harian Kita
Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 14:15-18

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah bukti seorang mengasihi Yesus?
  2. Siapakah yang akan menyertai kita selama-lamanya?
  3. Di manakah Ia berada?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. (Yohanes 14:17)

Secara rohani manusia dibagi menjadi dua golongan besar, yaitu mereka yang sudah dilahirkan baru karena percaya pada karya keselamatan Kristus di kayu salib dan mereka yang tidak percaya, yang dinyatakan Alkitab mereka yang belum percaya disebut sebagai “Dunia”.

Mengenai Roh Kudus, dikatakan “Dunia tidak menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia.”

Ya, orang yang belum percaya, mereka tidak bisa menerima keberadaan Roh Kudus, mereka sama sekali tidak mengenal dan percaya akan eksistensi Roh Allah.

Tetapi bagi orang percaya, Alkitab menyatakan “Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.”

Ya, bagi kita yang telah dilahirkan baru, kita percaya bahwa Roh Kudus ada di dalam kita.

Ini suatu perbedaan yang sangat besar dan kita bersyukur semua oleh karena anugerah Allah semata maka kita diselamatkan dari hukuman kekal. Dan oleh anugerah-Nya maka kita dilayakkan untuk menjadi bait-Nya, di mana Roh Kudus diutus oleh Bapa untuk menjadi Penolong yang menyertai kita dan yang diam di dalam kita.

Hal seperti ini hanya terjadi di masa Perjanjian Baru, waktu Kristus sudah mati di kayu salib, bangkit dan kemudian naik ke surga.

Pada masa Perjanjian Lama, maka Allah berbicara kepada umat-Nya melalui perantara, khususnya melalui para nabi.

Bahkan Imam Besar dan Imam di Perjanjian Lama, masih dibantu oleh Urim dan Tumim untuk meminta petunjuk Allah. (Kejadian 28:30, 1 Samuel 14:41).

Bagi kita umat percaya yang mau dipimpin oleh Roh Kudus, maka tidak sulit untuk mengetahui mana yang salah atau yang benar.

Bahkan kita pun bisa memohon petunjuk, arahan dan pimpinan Roh Kudus dalam kehidupan kita sehari-hari.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Saudara, dalam kelompok pemuridan, silakan untuk saling berbagi pengalaman dipimpin atau mendapatkan arahan Roh Kudus ketika harus memilih atau memutuskan hal yang penting.