Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : ROMA 6:11-14

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Roma 6:11.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Bagaimanakah hubungan kita terhadap dosa? Dengan demikian untuk siapakah kita hidup?
  2. Karena kita sudah mati terhadap dosa, maka bagaimana kita bersikap terhadap tubuh kita?
  3. Apakah yang tidak dapat berkuasa lagi dalam hidup kita?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Kita harus memiliki pandangan yang benar terhadap dosa supaya kita dapat hidup berkemenangan atas dosa dan kuasa dosa bahwa kita telah mati terhadap dosa dan kita hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus karena kita telah mati bersama kematian Yesus dan bangkit serta hidup bersama kebangkitan dan kehidupan Yesus.

Maksud dari mati terhadap dosa adalah manusia lama kita sudah disalibkan bersama kematian Yesus sehingga dosa benar-benar tidak berkuasa lagi dalam hidup kita dan kita memiliki hidup yang baru yaitu hidup bagi Allah.

Namun iblis sering menipu kita sehingga kita gagal dan membuat kita terintimidasi karena kegagalan tersebut.

Oleh sebab itu, beberapa hal yang harus kita pahami agar kita senantiasa mengalami realita hidup yang berkemenangan.

Pertama kita harus mengisi pikiran kita dengan Firman Tuhan sehingga Firman Tuhan memperbaharui pikirian kita yang dulu sudah dirusak oleh si jahat.

Dan ketika Firman Tuhan mengisi pikiran kita sekaligus memperbarui pikiran kita, maka kita memahami akan identitas dan jati diri kita.

Dengan dasar keyakinan yang baru inilah kita dapat menghancurkan segala tipu muslihat iblis yang ingin menjatuhkan kita.

Misalnya, ketika orang lain mencoba membangkitkan amarah dalam diri kita dan karena manusia lama kita telah mati maka kita tidak akan meresponi orang lain dengan amarah tetapi dengan kesabaran karena manusia baru kita adalah orang yang sabar dan bukan pemarah.

Selain seluruh pikiran kita diperbarui dengan Firman Tuhan, maka kita harus menyerahkan seluruh anggota tubuh kita kepada Tuhan sehingga anggota tubuh kita dipakai sebagai senjata kebenaran untuk melayani Tuhan dan merepresentasikan karakter Yesus dan menghidupi kebenaran bahwa dulu kita sudah mati bagi dosa dan sekarang hidup bagi Yesus.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana saudara dapat memahami dalam kehidupan sehari-hari bahwa saudara sudah mati terhadap dosa dan hidup bagi Yesus.