Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : FILIPI 3:10-14

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Filipi 3:10.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Sebutkan empat hal yang menjadi kerinduan Rasul Paulus terhadap Allah?
  2. Mengapa Rasul Paulus ingin menjadi serupa dengan Yesus dalam kematian-Nya?
  3. Pengenalan akan Tuhan merupakan pewahyuan yang Bapa berikan kepada kita. Namun coba sebutkan upaya dari kita yang menunjukkan bahwa kita lapar dan haus untuk mengenal Tuhan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Rasul Paulus sangat menikmati pertobatan yang sejati dalam mengikut Tuhan.

Dari latar belakang seorang yang membenci Jalan Tuhan dan akhirnya dia betul-betul menjadi pengikut Yesus yang sangat total.

Ada empat hal yang menjadi komitmennya sehingga dia berhasil dalam pengenalan akan Tuhan.

Pertama, dia menghendaki untuk mengenal Yesus,

kedua mengenal kuasa kebangkitan Yesus,

ketiga mengalami persekutuan dalam penderitaan Yesus, dan

keempat menjadi serupa dengan Yesus dalam kematian-Nya. Untuk mengenal Tuhan kita harus mati terlebih dahulu terhadap segala sesuatu tentang diri kita supaya Kristus yang nampak dalam kehidupan kita.

Diantaranya mati terhadap kedagingan, mati terhadap berbuat dosa, mati terhadap ambisi dan cita-cita pribadi dan membiarkan Yesus yang hidup di dalam diri kita.

“Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.” (Galatia 2:19-20).

Namun iblis sering menggoda kita agar kehidupan lama menguasai kehidupan kita, tetapi kita harus senantiasa menyalibkan keinginan tersebut dan juga memikul salib sebagai konsekuensi iman kita kepada Yesus, supaya kehidupan kita setiap saat selalu dan senantiasa mengalami kebangkitan Yesus sehingga berkemenangan dalam menjalani kehidupan setiap hari dan pengenalan kita akan Tuhan menjadi berhasil karena dalam kematian pasti ada kebangkitan seperti kehidupan Yesus.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana kematian Yesus bekerja dalam hidup saudara sehingga menghasilkan kebangkitan dalam segala hal.