Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YESAYA 53:3-6

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Yesaya 53:6.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah yang dihina, menderita kesakitan bahkan dihindari banyak orang?
  2. Hal-hal apakah dari perbuatan kita yang ditanggung oleh Yesus dan bagaimana dengan kejahatan kita?
  3. Apakah tujuan dari Yesus melakukan hal-hal tersebut bagi kita?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Firman Tuhan mengatakan bahwa semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah dan sebagai akibatnya maka manusia menuju maut.

Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.” (Roma 3:23).

“Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” (Roma 6:23).

Dosa yang dimaksud adalah segala kejahatan kita, pemberontakan, termasuk juga sakit penyakit, dan kesengsaraan kita akibat dari segala kejahatan yang telah kita perbuat.

Namun karena kasih Allah yang besar dan tidak terbatas maka Allah telah memberikan Yesus kepada kita yang rela menaggung segala kejahatan dan dosa-dosa kita, sehingga segala kesalahan kita telah ditimpakan kepada Yesus oleh karena kehendak Allah.

Itulah sebabnya Yesus sangat menderita sengsara baik secara emosi, perasaan termasuk secara fisik di mana Dia dihina, dihindari banyak orang, penuh sengsara, menderita kesakitan, dan orang-orang menutup mukanya terhadap Yesus dalam arti tidak dianggap sama sekali, kena tulah, dipukul dan ditindas bahkan ditikam sehingga mati di kayu salib.

Seharusnya kita yang disalibkan karena dosa dan pemberontakan kita dan hidup kita menuju maut.

Tetapi kematian Yesus di kayu salib telah menggantikan posisi kita di salib, sehingga kita menjadi orang yang dibenarkan oleh Tuhan, disembuhkan dan diselamatkan dari maut.

Tuhan ingin agar kita memiliki pemahaman yang benar tentang karya Yesus di kayu salib sehingga kita tidak mau berbuat dosa lagi dan hanya mau hidup untuk mencintai dan melayani Yesus.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana dalam kehidupan saudara ketika saudara memahami bahwa kesalahan saudara telah ditimpakan kepada Yesus.