Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YESAYA 58:9-12

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang menyebabkan TUHAN mau menjawab teriakan umat-Nya?
  2. Apa yang menyebabkan terang akan terbit dalam kegelapan bagi umat-Nya?
  3. Apa yang menyebabkan TUHAN akan menuntun umat-Nya dan dan memuaskan hati mereka?
  4. Mengapa umat-Nya akan disebut sebagai “ yang memperbaiki tembok yang tembus dan yang memperbaiki jalan sehingga tempat-tempat itu dapat di huni kembali?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, TUHAN ALLAH, YEHOVA ADONAI, mengkritik atau mencela umat-Nya yang berpuasa tapi sambil mengurus urusan pribadinya sehingga dalam berpuasa mereka bertengkar, berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena.

Sementara mereka juga merendahkan diri dengan jalan menundukkan kepala mereka seperti gelagah dan membentangkan kain karung dan abu sebagai lapik tidur?

Apakah TUHAN menghendaki puasa yang demikian?

TUHAN YEHOVA ADONAI, bersedia mengajar mereka cara berpuasa yang benar, yang selama ini tidak pernah diajarkan di tengah-tengah umat itu.

YESAYA 58:6-10 Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk, supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri! Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depenmu dan kemuliaan TUHAN barisan belakangmu. Pada waktu itulah engkau akan memanggil dan TUHAN akan menjawab, engkau akan berteriak minta tolong dan Ia akan berkata : ”Ini Aku!” Apabila engkau tidak lagi mengenakan kuk kepada sesamamu dan tidak lagi menunjuk-nunjuk orang dengan jari dan memfitnah. Apabila engkau menyerahkan kepada orang lapar apa yang kau inginkan sendiri dan memuaskan hati orang yang tertindas maka terangmu aka n terbit dalam gelap dan kegelapanmu akan seperti rembang tengah hari.

Inilah prinsip berpuasa dengan cara spiritual bukan dengan cara ritual atau secara fisik, namun berpuasa dengan kerelaan yang timbul oleh karena MENGASIHI TUHAN dan MENGASIHI SESAMA. YESUS ingin agar umat-Nya saling mengasihi sebagai ibadah yang baik  :

YOHANES 13:34-35 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi,”

Nah inilah cara berpuasa yang benar yang sepatutnya dilakukan oleh murid-murid YESUS yaitu SALING MENGASIHI.

Bukan dengan sibuk mengurus kepentingan kita pribadi, tapi memikirkan KEBUTUHAN SAUDARA yang lain.

Jikalau kita mengurus urusan kita masing-masing maka kita akan cenderung untuk EGOIS, namun kalau kita diarahkan untuk memperhatikan saudara kita maka kita akan mencari cara bagaimana untuk melayani mereka sehingga belas kasihan TUHAN YEHOVA ADONAI yaitu BAPA akan menguasai hati kita, dan itulah MULANYA AKAN TERJADI PERUBAHAN DAN PEMULIHAN DI DALAM DIRI KITA MASING-MASING yang akan memicu suatu TERANG TUHAN akan terbit di antara kita.

KEGELAPAN akan SIRNA dan semua orang akan melihat bagaimana kita sebagai murid-murid YESUS saling mengasihi dan dengan demikian maka semua orang akan melihat bahwa SEMUA KITA AKAN DIKASIHI DAN AKAN TERLAYANI, DAN AKAN MENGASIHI DENGAN MELAYANI.

Bukan dengan EGOISME, tapi sama seperti YESUS yang telah melayani kita dengan KASIH, dan SAAT INI SEMUA UMAT TEBUSAN DENGAN RELA MENGASIHI YESUS dengan MENGASIHI DAN MELAYANI ORANG LAIN.

Saudara, ketika kita berpuasa dengan benar, maka TUHAN AKAN MEMULIHKAN DIRI KITA, dan akan MEMULIHKAN MASYARAKAT DI SEKITAR KITA, inilah sebenarnya yang disebut TRANSFORMASI.

Perubahan yang terjadi oleh karena ROH KUDUS bekerja dari dalam hati umat-Nya, mengubah dari dalam kehidupan UMATNYA.

HALELUYA, PUJI TUHAN.

AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Apa sebab sering sekali timbul keributan dan perselisihan di tengah jemaat TUHAN?