Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 1 SAMUEL 17:45-49

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Bila Goliat mendatangi Daud dengan pedang dan tombak, maka dengan apa Daud mendatangi Goliat?
  2. Apa yang menjadi keyakinan Daud mengenai pertarungannya dengan Goliat?
  3. Apakah Tuhan menyelamatkan dengan pedang dan lembing?
  4. Bagaimana Daud mengalahkan Goliat?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Pertempuran Daud dan Goliat memberikan banyak inspirasi kepada kita sebagai umat Tuhan mengenai bagaimana Allah bekerja ketika kita lebih mengandalkan Tuhan daripada kekuatan jasmani serta hanya mengandalkan pengalaman-pengalaman manusia semata.

Kekuatan jasmani dan pengalaman memang diperlukan untuk suatu pertempuran namun lebih dari itu keyakinan akan kekuatan Allah adalah yang jauh lebih penting daripada kekuatan jasmani.

Mari kita lihat setidaknya 2 hal yang dapat dipelajari dari peristiwa ini.

Hal pertama adalah seringkali manusia begitu yakin ketika mereka kuat secara fisik dan menjadi lemah ketika merasakan kelemahan secara jasmani, kecenderungan manusia untuk bergantung kepada hal-hal yang fisik membuat kita seringkali terintimidasi dan tidak mengalami kemenangan dalam pergumulan yang dihadapi.

Bangsa Israel ketakutan karena melihat fisik Goliat, tidak ada yang berani melawan karena mata mereka hanya melihat secara fisik, Goliat dan bangsa Filistin mengintimidasi bangsa Israel secara fisik.

Hal kedua adalah pengalaman seringkali juga bisa membawa kita kepada kebiasaan-kebiasaan yang menghalangi kita untuk berkemenangan, pengalaman adalah hal yang penting namun tidak boleh menghalangi kita untuk Tuhan memberikan kepada kita pengalaman baru.

Daud mungkin tidak berpengalaman dalam berperang, namun Daud membuka diri untuk dipakai Tuhan sebagai senjata peperangan dan Daud mendapatkan pengalaman baru berperang bersama Tuhan. 

Iman Daud lebih penting daripada senjata ataupun baju zirah, ketika Daud yakin dengan Tuhan dan janjiNya maka batupun bisa dipakai Tuhan untuk mengalahkan Goliat.

Bila Goliat datang dengan tombak dan lembing maka Daud datang dengan nama Tuhan semesta alam.

Mari kita ambil pelajaran yang berharga dari peristiwa ini, bergantunglah kepada Tuhan lebih dari hal-hal dan kekuatan fisik/materi yang kita miliki, mari kita terbuka mengalami  pengalaman baru bersama Tuhan dengan hal-hal yang luar biasa yang Tuhan sediakan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.