Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOSUA 6:11-20

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang dilakukan orang Israel dengan tabut Tuhan selama 6 hari?
  2. Apakah yang dilakuakn pada hari ke-7?
  3. Apa yang terjadi dengan tembok Yerikho pada saat bangsa Israel bersorak-sorak dengan nyaring?
  4. Apakah mereka berhasil merebut Yerikho?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Puji-pujian dan sorak-sorai kepada Tuhan yang dilakukan bersama-sama dalam suatu kesatuan memberikan dampak yang luar biasa dalam suatu peperangan yang dilakukan oleh bangsa Israel.

Tentu bukan sembarang pujian dan sorak-sorai, namun ini suatu gerakan yang dilakukan karena perintah Tuhan.

Peristiwa jatuhnya Yerikho karena sorak-sorai bangsa Israel adalah pelajaran berharga mengenai kuasa dari pujian dan sorak sorai kepada Tuhan.

Tembok Yerikho menggambarkan kubu penghalang yang tidak mudah ditembus oleh bangsa Israel pada waktu itu tanpa pertolongan Tuhan.

Namun Tuhan ingin mengajarkan suatu kebenaran kepada bangsa Israel mengenai bagaimana suatu pujian sorak-sorai yang dilakukan dalam keyakinan dan pimpinan Tuhan dapat meruntuhkan penghalang yang tidak mudah ditembus dalam waktu yang sangat singkat.

Peperangan secara rohani memang berbeda dengan peperangan secara jasmani, meskipun hasilnya terlihat secara fisik dengan runtuhnya tembok Yerikho pada hari ke tujuh namun peperangan secara rohani sudah dimulai pada hari pertama sejak para prajurit mengelilingi tembok ini diiringi tiupan sangkakala.

Peperangan rohani membutuhkan ketaatan seluruh prajurit kepada pemimpin untuk mengikuti seluruh instruksi yang diberikan Tuhan, sekalipun tampaknya suatu tindakan aneh dan tidak biasa dilakukan oleh prajurit namun mereka taat dengan arahan pemipmin.

Pada hari ketujuh ketika mereka bersorak-sorai diiringi tiupan sangkakala maka kemenangan peperangan secara jasmani mereka dapatkan.

Tembok Yerikho runtuh dan kota Yerikho dikuasai dengan mudah oleh bangsa Israel.

Ada kalanya Tuhan memberikan instruksi kepada kita melalui Roh Kudus untuk kita memperkatakan firmanNya dengan pujian dan sorak-sorai agar kita meruntuhkan penghalang atau tembok yang mengintimidasi kita atau menghalangi kita untuk berdoa atau melayani Tuhan.

Bagian kita adalah meresponnya dengan benar, taat kepada pimpinanNya dan kita akan melihat bagaimana cara Tuhan berperang bersama kita sampai kita mendapatkan kemenangan demi kemenangan atas pergumulan demi pergumulan yang kita hadapi.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.