Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 10:1-5

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah sesungguhnya seorang pencuri dan perampok yang disebutkan dalam perikop hari ini?
  2. Siapakah yang disebut sebagai gembala domba?
  3. Suara siapakah yang didengarkan domba-domba?
  4. Siapa yang berjalan di depan domba-domba?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Seorang gembala yang baik bekerja untuk mengarahkan domba-domba yang dipeliharanya ke tempat yang terbaik dimana mereka dapat makan dan minum sehingga bertumbuh dan berkembang biak.

Agar domba-dombanya dapat melihat dan mendengar “arahannya” maka gembala akan berjalan di depan dan memperdengarkan suaranya sehingga domba-domba dapat mengikuti ke mana gembala membawanya berjalan.

Dalam perjalanan menuju tempat yang dikehendaki gembala tentu domba-domba ini dapat melihat kesana kemari dan juga mendengar berbagai suara-suara yang berasal dari tempat-tempat dimana mereka lewat.

Untuk itulah domba-domba ini harus mengenal dengan baik suara dari gembalanya dan senantiasa berada dalam rombongan domba-domba lain agar tidak tersesat dan bisa mati diterkam binatang buas atau diambil oleh pencuri domba.

Perumpamaan domba dan gembala adalah pelajaran sederhana yang diberikan Yesus agar kita senantiasa mendengar suaraNya sebagai Gembala Agung kita.

Sebagai domba-dombaNya kita sejatinya hanya tinggal mengikuti kemana Dia pergi dan senantiasa mengenal suaraNya dan sudah pasti kita akan sampai ke tempat yang terbaik yang disediakan oleh Gembala Agung kita.

Namun sayang perkara mudah ini menjadi rumit karena kecenderungan manusia untuk mengikuti pikirannya sendiri daripada mengikuti Gembala kita.

Ketika bangsa Israel hendak masuk ke tanah perjanjian tugas mereka hanyalah mengikuti Allah yang telah berjalan didepan mereka selama perjalanan keluar dari Mesir dan melihat bagaimana Allah berperang melawan musuh-musuhNya.

Namun sejarah mencatat bahwa “domba-domba” ini memutuskan untuk balik lagi ke Mesir dan menolak untuk mengikuti Gembala masuk ke padang rumput hijau.

Mereka lebih mendengar suara-suara ketakutan dan intimidasi daripada suara Gembala Agung mereka.

Mari kita renungkan bersama perumpamaan sederhana tetapi dalam ini, ingatlah tugas kita hanya mendengar suaraNya, mengikuti apa yang Gembala minta dan senantiasa berada dalam kumpulan domba-domba yang lain, kita pasti sampai kepada rancanaNya yang mulia bagi hidup kita.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.