Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 4:21-24

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang dikatakan Yesus kepada Perempuan itu mengenai lokasi tempat menyembah Bapa?
  2. Kapan saatnya akan tiba bahwa penyembah yang benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran?
  3. Penyembah seperti apa yang Bapa kehendaki?
  4. Mengapa kita harus menyembah Allah dalam roh dan kebenaran?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Penyembahan kepada sesuatu yang lebih berkuasa dan lebih mulia telah dikenal manusia jauh sebelum Allah memperkenalkan diriNya kepada bangsa Israel sebagai Allah yang hidup.

Kejatuhan dalam dosa membuat manusia memiliki kecenderungan yang salah untuk menyembah sesuatu yang lebih berkuasa dan diandalkan menurut pikirannya sendiri.

Pada masa lalu mereka lebih menyukai membuat patung-patung yang diletakkan dalam suatu lokasi tertentu seperti gunung atau tempat tertentu dimana mereka dapat datang setiap saat untuk menyembah dan melakukan ritual penyembahan.

Pada dasarnya mereka tidak kenal siapa yang mereka sembah seperti yang dikatakan Yesus kepada perempuan Samaria itu: “Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.”

Pada hari ini kita bisa menyembah Bapa dimanapun kita berada.

Seorang penyembah tidak saja mengenal apa yang disembahnya tetapi dia juga mempersembahkan hidupnya sebagai korban penyembahannya kepada Bapa.

Pengenalan yang benar kepada Bapa membuat kita dapat memahami isi hatiNya.

Penyembah yang sejati yang mengenal Bapa senantiasa memillki kerinduan untuk mengikuti perintah yang disembahnya. Jadi tidaklah mungkin seseorang disebut penyembah Bapa tetapi tidak mengenalNya dan tidak mengikuti apa yang Bapa kehendaki tetapi hanya mengikuti keinginannya sendiri menurut pikirannya yang dipandang baik.

Pada hari-hari terakhir ini ada banyak tipu daya iblis yang mencoba untuk mengalihkan umatNya menjadi penyembah sejati.

Sebagai seorang penyembah apalagi pemimpin penyembahan (WL) mari kita semua hidup dalam kehendakNya, taat kepada pemimpin yang mengarahkan kita untuk berjalan dalam kebenaran, taat kepada aturan-aturan pemerintah sebagai orang-orang yang  diberikan otoritas diatas kita.

Penyembah-penyembah yang benar tidak hanya menyembah dalam roh tetapi juga dalam kebenaran, bukan kebenaran sesuai pikiran kita atau manusia tetapi sesuai pikiran Yesus yang sudah tertulis melalui FirmanNya yang tercatat dalam Alkitab.

Dan yang terakhir, penyembah-penyembah yang benar akan memberi dampak tidak hanya di alam rohani tetapi juga di manifestasikan di lingkungannya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.