Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo M

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : LUKAS 22:31-34

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Lukas 22:32.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang dilakukan oleh si jahat terhadap Simon Petrus?
  2. Apakah akibatnya jika Simon Petrus bersikap salah terhadap panah api si jahat?
  3. Bagaimanakah sikap atau tindakan Yesus terhadap pekerjaan si jahat terhadap Simon Petrus?
  4. Apakah tujuan dari Yesus berdoa bagi Simon Petrus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Iblis selalu melepaskan panah apinya terhadap kita juga saudara seiman kita sehingga ada banyak saudara-saudara seiman kita yang imannya menjadi gugur dan kandas pertumbuhan rohaninya.

Panah api si jahat dapat berupa kekuatiran, ketidakpercayaan, keragu-raguan, intimidasi, rasa bersalah, rasa gagal dan tidak berdaya bahkan ketakutan demi ketakutan.

Rasul Petrus telah mengatakan dalam I Petrus 5:8-9, “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.”

Tuhan menyuruh agar pribadi-pribadi kita senantiasa melawan si jahat dan mematahkan panah apinya agar iman kita tidak gugur.

Namun Tuhan juga mengajarkan kepada kita agar berdoa untuk saudara-saudara seiman kita agar iman mereka tidak gugur disaat dicobai oleh si jahat.

Hal tersebut dilakukan oleh Tuhan Yesus di saat Dia melihat iblis menampi murid-Nya yaitu Petrus.

Dan ketika Yesus berdoa untuk Petrus ternyata Petrus menang dari kegagalan mengikut Yesus ketika dia menyangkal Yesus dihadapan orang-orang, bahkan Yesus mengangkat Petrus untuk menggembalakan domba-domba-Nya.

Oleh karena itu marilah kita membangun kehidupan doa untuk saudara seiman kita agar iman mereka tidak gugur menghadapi setiap persoalan dan pergumulan hidup ini, tetapi mereka berkemenangan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana berdoa bersama Roh Kudus untuk kepentingan orang-orang kudus.