Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : EFESUS 6:1-4

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Mengapa anak-anak harus menaati orang tuamu?
  2. Apa perintah penting yang harus dilakukan anak-anak terhadap orang tuanya?
  3. Apa tujuan dari perintah menaati dan menghormati orang tua bagi anak-anak?
  4. Bagaimana seharusnya sikap atau tindakan bapa-bapa terhadap anak-anaknya?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, suatu perintah penting bagi anak-anak ialah menaati dan menghormati orang tuanya, yaitu ayah dan ibunya.

Ketaatan kepada orang tua membuat anak-anak menjadi bijak, Raja Solaiman adalah anak raja Daud, dia menulis dalam Perjanjian Lama, nasihat-nasihat penting bagi anak-anak.

AMSAL SOLAIMAN 1:8-9 Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu. Sebab karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu, dan suatu kalung bagi lehermu.

Solaiman adalah anak dari raja Daud yang sangat menyenangkan raja Daud ayahnya, sehingga Solaiman dipilih oleh raja Daud untuk menggantikan dia sebagai raja di Israel.

Solaiman ketika kanak-kanak, seorang yang sangat senang mendengarkan didikan ayah dan ibunya, itulah yang menyebabkan dia menjadi seorang anak yang menyenangkan ayahnya dan ayahnya bangga akan dia, sehingga ayahnya menjadikan dia sebagai raja untuk menggantikan dia.

Daud banyak mengajar Solaiman dengan rasa takut akan Tuhan.

AMSAL SOLAIMAN 1:7 Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

AMSAL SOLAIMAN 8:13 Takut akan TUHAN ialah, membenci kejahatan, aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.

Daud mengajarkan rasa takut akan Tuhan kepada anak-anaknya setelah Daud sendiri memiliki pengalaman dari KEJATUHANNYA dan DAUD semakin mengenal KASIH KARUNIA TUHAN dan dia mendidik Solaiman dengan berbagai nasihat yang menyebabkan Solaiman memiliki berbagai hikmat dan Roh Kudus menolong dia juga mengenal Allah lewat hikmat yang dia peroleh dari pengalaman hidupnya.

Solaiman juga memperoleh hikmat melalui pengalaman hidupnya, ketika dia menyimpang dan tersesat mengikuti kemauan isteri-isterinya, sehingga dia juga ikut tercemar dengan mengikuti isterinya menyembah berhala-berhala yang disembah oleh isteri-isterinya ada seribu perempuan di sekitarnya yang menjadi isteri dan gundiknya.

Melewati berbagai BADAI DAN GELOMBANG HIDUPNYA Solaiman belajar berbagai hikmat dan dia menuliskannya dalam buku-bukunya yang ditinggalkannya bagi kehidupan manusia setelah dia, anak cucunya, kepada bangsanya ISRAEL dan TUHAN JUGA IZINKAN BUKU-BUKUNYA di MASUKKAN KE DALAM ALKITAB PERJANJIAN LAMA, supaya anak-anak manusia bisa belajar dari kehidupannya sebagai anak bapaknya yang BANYAK MENDENGAR DAN MEWARISI AJARAN RAJA DAUD sebagai IMAM, NABI dan RAJA di ISRAEAL.

Solaiman seorang anak yang disukai oleh bapaknya dan seorang anak yang mengerjakan nasihat bapaknya, sehingga dia menjadi sukses seperti ayahnya. Sama seperti ayahnya (Raja Daud)  kesuksesannya membawa dia ke dalam pencobaan dan Daud mengalami hukuman Tuhan, begitu juga Solaiman,  membaca tulisannya dalam kitab-kitab yang ditulisnya maka KITA BISA BELAJAR UNTUK MENGENAL TUHAN dan tidak HARUS MENEMPUH JALAN YANG SAMA DENGAN jalan-jalan yang SALAH ATAU JALAN SESAT YANG DIALAMI OLEH DAUD DAN SOLAIMAN. Solaiman menuliskan bagaimana KASIH KARUNIA ILAHI menolong dia.

AMSAL SOLAIMAN 24:16 Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali, tetapi orang fasik akan roboh dalam bencana.

Pengalaman dan kesaksian Solaiman ini benar-benar dia alami dan dia belajar dari ajaran Bapanya raja Daud yang menuliskan itu dalam.

MAZMUR 37:23-24 TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tak sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.

Saudara, jadi begitu besar KASIH TUHAN yang DINYATAKANNYA kepada orang-orang yang mau belajar KEHENDAK ALLAH sesuai dengan FIRMANNYA yang dia turunkan melewati para NABI di PERJANJIAN LAMA dan RASUL-RASUL di PERJANJIAN BARU.

KOLOSE 3:20 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.

Nasihat yang bernada sama dalam PERJANJIAN LAMA dan juga dalam PERJANJIAN BARU, TUHAN menginginkan agar anak-anak mau menaati dan menghormati orang tuanya, dan Tuhan dengan segenap KASIH KARUNIANYA akan bekerja melindungi anak-anak yang mau MENGIKUTI FIRMAN ALLAH itu dan TUHAN SENDIRI YANG AKAN BERTINDAK MENJAGA PRIBADI-PRIBADI ANAK YANG TAAT ITU.

Hal itulah yang kita dapat lewat nasihat firman TUHAN yang telah kita kutip di atas :TAATILAH dan  HORMATILAH ORANG TUAMU SUPAYA PANJANG UMURMU DAN BAHAGIA HIDUPMU.    

Seperti apa Daud taat dan hormat pada orang tuanya yang bersikap tidak adil terhadapnya.

Abang-abangnya bisa jadi prajurit, ketika NABI NATAN datang ke rumahnya, ia dilupakan oleh orang tuanya, NAMUN TUHAN YANG MENGANUGERAHKAN KEDUDUKAN RAJA KEPADANYA, begitu juga dengan SOLAIMAN, ada banyak kakak-kakaknya yang bersaing untuk mengambil kedudukan ayahnya sebagai RAJA tapi TUHAN yang menggerakkan NABI untuk mengingatkan DAUD akan SOLAIMAN anaknya yang ditetapkannya menggantikan dia sebagai Raja.

TUHAN YANG MENGANUGERAHKAN KEBAHAGIAAN DAN UMUR PANJANG KEPADA ANAK-ANAK YANG MAU MELAKUKAN KEHENDAK ALLAH yaitu melakukan firman-Nya untuk menaati dan mengormati orang tuanya.

HALELUYA.PUJI TUHAN, AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Mengapa banyak anak-anak Tuhan dan percaya kepada YESUS KRISTUS SEBAGAI TUHAN DAN JURU SELAMAT tapi hidup mereka tidak bahagia, selalu gusar dan tidak hidup dalam kesejahteraan dan kelimpahan sesuai dengan janji TUHAN?