Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOSUA 24:13-17

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang Tuhan berikan kepada umat-Nya Israel?
  2. Bagaimana cara beribadah kepada Tuhan dengan tulus dan ikhlas?
  3. Tuhan seperti apa yang diminta oleh Yosua untuk dipilih bangsa Israel?
  4. Apa yang menjadi keputusan dan komitmen Yosua?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, ketika Yosua meminta supaya bangsa Israel membuat keputusan dalam hidup mereka, Yosua telah menjadi tua.

Dia menghadapkan beberapa pilihan Tuhan yang bisa di pilih oleh bangsa Israel.

Tuhan dari nenek moyang mereka di seberang sungai Efrat yaitu tuhan yang disembah oleh leluhur nenek moyang mereka Abraham, yaitu illah yang disembah oleh orang-orang di Mesopotamia.

Juga mereka disodorkan illah yang disembah oleh orang Mesir di mana nenek moyang mereka juga pernah tinggal di sana, orang Mesir menyembah dewa-dewa Mesir.

Atau illah-illah yang disembah oleh orang-orang Kanaan yang daerahnya akan mereka duduki.

Orang Kanaan menyembah dewa-dewa juga, banyak dewa yang disembah oleh orang-orang Kanaan, tiap suku Kanaan memiliki sesembahan sendiri.

Ada Baal, ada asytoret, ada Kamos, ada Beelzebul, di Mesir mereka menyembah dewa Rae, dewa matahari, dll.

Musa dan Yosua memperkenalkan TUHAN, AKU ADALAH AKU, YHWH, disebut YEHOVA.

Yesus menyebut-Nya adalah BAPA KAMI yang di surga.

Rasul Paulus memperkenalkan : TUHAN ALLAH sebagai ABBA – BAPA.

Yosua menyatakan pilihannya dan menyatakan komitmennya.

YOSUA 24:15 Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN.

Saudara, demikian juga saat ini di zaman modern ini, ada banyak illah yang bisa dan sudah banyak yang menyembahnya dan mengikutinya, illah zaman ini, sesuatu yang diidolakan banyak orang dan diikuti banyak orang, atau sesuatu yang menyebabkan orang SERAKAH TERHADAPNYA, juga disebut BERHALA oleh rasul Paulus.

Saudara, apa yang menyebabkan engkau bisa melupakan dan meninggalkan TUHAN itu adalah illah bagimu, apakah itu seseorang yang engkau IDOLAKAN, idola adalah sesembahan sebenarnya, hati-hati saudara, semua itu bisa menggeser Tuhan dari hidupmu!

Oleh karena itu, perlu kita berhati-hati dalam zaman ini, karena ada banyak illah yang muncul pada zaman akhir ini, illah yang tidak kita sadari bisa atau pelan-pelan  telah menggeser posisi Tuhan dalam hidupmu.

Nah inilah yang menyebabkan hari-hari ini ada banyak anak muda sudah tidak suka lagi dengan GEREJA bahkan sudah dinubuatkan bahwa akan ada banyak orang yang TIDAK AKAN MEMPERDULIKAN AGAMA, MENUHANKAN PERUT DAN UANG.

II TIMOTIUS 3:2-5 Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik. Suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!

Oleh karena itu pada zaman ini pun patut juga kita membuat keputusan atau KOMITMEN yang dilakukan oleh YOSUA suatu PERJANJIAN DENGAN TUHAN.

AKU DAN SEISI RUMAHKU, KAMI AKAN BERIBADAH KEPADA YESUS KRISTUS.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Apa yang menyebabkan seseorang anak Tuhan, sudah lahir baru, tapi hidup seperti orang yang tidak percaya?