This image has an empty alt attribute; its file name is 12-1024x576.png

Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : MAZMUR 84:1-5

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png

1. Siapa yang merindukan tempat kediaman TUHAN?

2. Apa yang terjadi bagi seseorang yang merindukan pelataran-pelataran TUHAN?

3. Di mana burung pipit dan burung layang-layang menempatkan anak-anaknya?

4. Siapa yang berbahagia di rumah Tuhan, mengapa?

This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara yang kekasih, Pemazmur menuliskan kerinduannya kepada Rumah Tuhan itu dengan pernyataannya yang sangat nyata dan jelas.

Dia mengatakan bagaimana dia sangat menyukai tempat kediaman Allah itu.

Pemazmur sangat menginginkan untuk berdiam diri di rumah Tuhan bahkan dia mengatakan bahwa lebih baik satu hari di pelataran, artinya berada di sekitar halaman Rumah Tuhan jauh lebih baik dari pada ribuan hari di tempat lain.

Halaman Rumah Tuhan hanyalah tempat di mana orang-orang yang bukan Israel boleh mendekat ke bait Allah, dan orang-orang Israel bisa masuk ke halaman Bait Allah itu, sementara halaman sebelah luar dari pagar itulah yang disebut pelataran, tempat orang asing bisa mendekat ke halaman Bait Allah.

Imam dan orang-orang dari suku Lewi bisa masuk ke ruang KUDUS dan hanya setahun sekali IMAM BESAR bisa masuk ke ruang Maha Kudus di mana tempat kehadiran Allah berada yaitu di atas TABUT PERJANJIAN.

Kerinduan yang begitu rupa  yang digambarkan oleh pemazmur merupakan suatu kerinduan untuk mengenal ALLAH yang CERITANYA sangat MENGAGUMKAN umat Israel, betapa HEBAT ALLAH JURU SELAMAT ISRAEL yang telah mengeluarkan bangsa Israel dari PERBUDAKAN di MESIR.

Kerinduan akan rumah Tuhan itu memberi semangat yang luar biasa bagi Pemazmur, sehingga dia mengatakan bahwa : Mereka berjalan makin lama makin kuat karena hendak MENGHADAP ALLAH di SION.

Pemazmur mengatakan :

MAZMUR 84:5-8 Berbahagialah orang-orang yang diam di rumah-MU, yang terus menerus memuji-muji Engkau. Sela. Berbahagaialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah! Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat. Mereka berjalan makin lama makin kuat, hendak menghadap Allah di Sion.

Dan Pemazmur sangat bersuka ketika dia bisa menikmati PELATARAN Rumah TUHAN.

Dia menyatakan kesaksiannya :

MAZMUR 84:11-13 Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allah-Ku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. Sebab TUHAN Allah adalah matahari dan perisai kasih dan kemuliaan Ia berikan; Ia tidak menahan kebaikan dari orang yang hidup tidak bercela. Ya TUHAN semesta alam, berbahagialah manusia yang percaya kepadamu.

Saudara yang kekasih, jemaat Tuhan. Alangkah indahnya PENGALAMAN KITA ORANG PERCAYA dalam masa ini.

Tubuh kita menjadi RUMAH KEDIAMAN ALLAH. Mari kita menikmati dan mengalami KEBAHAGIAAN yang PEMAZMUR nubuatkan pada waktu itu : Berbahagialah umat Tuhan pada zaman kita ini.

Yang kesukaannya adalah MEMUJI-MUJI TUHAN, tidak perlu harus ke YERUSALEM KE BAIT ALLAH untuk memuji-muji TUHAN.

Sekarang kita bisa MEMUJI-MUJI TUHAN TERUS-MENERUS.

Kita bisa memuji dan menyembah Tuhan terus menerus, sehingga kita bisa mengalami BAHAGIA, SUKA CITA dan DAMAI SEJAHTERA terus menerus, karena ROH KRISTUS itu berada di dalam diri kita.

Bahkan kita bisa berdoa, memuji dan menyembah TUHAN dengan roh kita juga dengan akal budi kita, terus menerus bisa kita lakukan sehingga kita bisa mengalami BAHAGIA, SUKACITA dan DAMAI SEJAHTERA terus menerus.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Mengapa sering sekali anak-anak Tuhan, hidup menyedihkan, menderita bahkan tidak sedikit yang mengalami stress?

This image has an empty alt attribute; its file name is 11.png