Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : FILIPI 3:10-13

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang dikehendaki Paulus sesuai ayat yang kita baca hari ini?
  2. Keserupaan dalam apa yang Paulus inginkan dari Yesus?
  3. Apa Paulus telah memperoleh apa yang dia rindukan?
  4. Jadi apa yang dilakukan oleh Paulus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Paulus adalah salah satu rasul yang rajin menulis surat dan menghasilkan banyak tulisan dalam Alkitab.

Masa lalu hidupnya sebelum bertobat adalah ahli Taurat tentunya memiliki latar belakang terdidik dengan baik dalam hal Kitab Taurat.

Bila kita membaca bagaimana aktivitasnya dalam menganiaya murid-murid Kristus pada waktu itu maka kita juga bisa menyimpulkan bahwa Saulus juga banyak bergerak di berbagai tempat “menegakkan hukum Taurat” dengan mengejar dan membunuh pengikut Kristus.

Saulus sekalipun seorang ahli Taurat namun hidupnya jauh dari kebenaran yang Yesus nyatakan pada masa itu.

Petemuannya dengan Yesus dalam perjalanannya membuat Saulus bertobat, sejak saat itu Tuhan banyak menyingkapkan kebenaran dalam hidup Paulus.

Latar belakangnya sebagai ahli Taurat membantu Paulus memahami arti kasih karunia Tuhan yang diberikan melalui kematian Yesus di atas kayu salib.

Paulus mengalami suatu terobosan dan hidupnya berubah menjadi berkat tidak hanya bagi bangsa Yahudi tetapi meluas hingga bangsa-bangsa lain.

Paulus senantiasa terus ingin mengenal Dia dan merasa belum sempurna dalam pengenalannya akan Tuhan, sehingga seperti yang dikatakannya :“Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus.” 

Saudara, hari ini kita diingatkan oleh Tuhan dari tulisan Paulus bahwa kita semua belum mengenal Dia dengan sempurna.

Paulus mengenal Bapa tidak hanya dari pembacaan Taurat tetapi juga bagaimana hidupnya terus bergerak untuk melayani pemberitaan Injil sekaligus menguatkan jemaat-jemaat yang dilayanainya.

Sekalipun masa lalu Paulus dipenuhi dengan dosa dan ketidaktahuan mengenai kebenaran tetapi Paulus menjadi sangat efektif pada masa-masa akhir hidupnya karena terus menerus mengalami persekutuan dengan Bapa dan terus ingin mengenal Dia dan kuasa kebangkitanNya.

Mari kita terus mengalami persekutuan dengan Bapa untuk mengenal Dia lebih dalam lagi, dosa dan masa lalu yang salah sudah kita tinggalkan karena anugerah Tuhan, kita gunakan anugerah yang diberikanNya untuk menggenapi rencana Tuhan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.