Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : LUKAS 22:39-44

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Lukas 22:44.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang Yesus lakukan di taman Getsemani?
  2. Mengapa Yesus berdoa disana?
  3. Coba saudara ceritakan hal-hal yang Yesus perbuat dalam berdoa yang membuktikan bahwa Ia bersunguh-sungguh berdoa?
  4. Apakah yang dialami oleh murid-murid Yesus yang menandakan bahwa mereka kurang bersungguh-sungguh berdoa?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Yesus telah menjadi teladan bagi kita dalam hal membangun rumah doa dengan kehidupan yang senantiasa diwarnai dengan berdoa.

Dalam pergumulan-Nya untuk menghadapi kematian di kayu salib karena kehendak Bapa maka Ia berdoa dengan sungguh-sungguh hati supaya Dia menyerahkan kehendak-Nya kepada Bapa sehingga kehendak Bapa yang jadi.

Kesungguh-sungguhan Yesus terlihat nyata di mana ketika Ia berdoa mengeluarkan peluh seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah.

Selain dari pada itu Dia tidak hanya berdoa satu kali tetapi sebanyak tiga kali, berarti Dia berdoa dengan tekun, serius dan tidak putus-putusnya.

Kesungguhan-Nya dalam berdoa membuat Yesus menang atas pencobaan di mana kehendak-Nya dapat dipersembahkan kepada Bapa sehingga rencana Bapa melalui Yesus untuk dunia ini dapat digenapi.

Berbeda dengan murid-murid Yesus, ketika Yesus sendirian berdoa dan murid-murid-Nya juga berdoa, namun tidak dalam kesungguhan, dan hal itu ditunjukkan ketika Yesus melihat murid-murid-Nya mereka sedang tertidur dan akibatnya mereka jatuh dalam pencobaan dimana ketika Yesus disalib maka mereka menjauhkan diri dari Yesus bahkan Petrus menyangkal Yesus.

Seperti teladan Yesus, maka kita pun harus berdoa dengan bersungguh-sungguh untuk setiap pergumulan yang kita hadapi sampai kita mengalami kemenangan seperti Yesus.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara bersungguh-sungguh dalam berdoa untuk pergumulan yang saudara hadapi.