Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YAKOBUS 5:15-18

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Yakobus 5:17.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Coba sebutkan ciri-ciri dari doa orang yang benar yang menghasilkan kuasa?
  2. Siapakah yang telah memberikan contoh bagaimana berdoa dengan bersungguh-sungguh?
  3. Coba ceritakan bukti dan kesungguhan dari Elia berdoa?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Tuhan sangat menghargai doa-doa orang benar yang dengan sungguh dipanjatkan kepada-Nya, dikatakan bahwa besar kuasanya membuat terjadinya mukjizat dan terobosan.

Kita adalah orang benar yaitu orang-orang yang dibenarkan oleh Tuhan ketika kita percaya kepada Tuhan, namun kita harus hidup dalam kebenaran sebagai bukti atau buah dari kehidupan kita sebagai orang benar.

Beberapa sikap hati atau kehidupan yang harus kita bangun sebagai orang benar yang bersungguh-sungguh dalam berdoa diantaranya adalah doa yang penuh dengan iman maksudnya berdoa dengan didasari kebenaran Firman Tuhan dari setiap hal yang kita doakan, sehingga doa-doa kita penuh dengan kepercayaan dan tidak ada keragu-raguan sedikitpun.

“Ia berkata kepada mereka: “Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, — maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.” (Matius 17:20).

Kesungguhan dalam berdoa dengan iman itu menunjukkan bahwa Tuhan sanggup menjawab dan melakukan perkara besar lewat doa-doa kita. Doa dengan sungguh-sungguh juga kita tunjukkan dengan sikap berdoa dengan segenap hati sebagai bukti tidak ada kebimbangan dan keragu-raguan dimana dibuktikan dengan tidak adanya dosa kepada Tuhan maupun kepada orang lain.

Hati kita hanya tertuju kepada Tuhan seperti yang dilakukan oleh Elia.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana doa dengan bersungguh-sungguh tersebut saudara praktekkan dan mengalami kuasa Tuhan!