Renungan Harian Kita
Penulis : Pdt. Saul Rudy Nikson

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : ROMA 12:18-21

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Mengapa kita perlu berdamai dengan semua orang?
  2. Bolehkah kita membalas perlakukan buruk orang kepada kita?
  3. Apa yang dimaksud mengalahkan kejahatan dengan kebaikan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, Roma pasal 12 mulai membahas hal-hal praktis kehidupan Kristen, sedangkan pasal 1 sampai dengan pasal 11, Rasul Paulus mengajarkan dasar-dasar pembenaran/ keselamatan berdasarkan kasih karunia.

Pasal 1 sampai pasal 11 berisi prinsip-prinsip (principles) sedangkan mulai pasal 12 Paulus membahas hal-hal praktis (practical).

Pasal 12 dimulai dengan anjuran untuk mempersembahkan hidup dan pembaruan budi, kemudian dilanjutkan dengan karunia-karunia rohani dan tanda-tanda orang Kristen sejati.

Salah satu tanda orang Kristen sejati adalah orang yang suka berdamai, tidak suka membalas kejahatan tetapi suka melakukan kebaikan untuk mengalahkan kejahatan.

Salah satu ciri Kristen sejati adalah mengusahakan perdamaian.

Anak-anak Tuhan adalah anak-anak damai, oleh karena itu di manapun berada kehadirannya mendatangkan kedamaian, bukan pertengkaran. 

Mendamaikan orang-orang yang berseteru, dan pada akhirnya mendamaikan mereka dengan Tuhan (penginjilan yang didukung karakter pembawa damai).

Saudara, ciri orang Kristen sejati lainnya adalah tidak suka membalas kejahatan, tetapi menyerahkannya kepada Tuhan, sebab pembalasan itu hak Tuhan.

Ketika Yesus melayani di bumi, Yesus tidak membalas kejahatan mereka yang membenci dan menyalibkan-Nya, melainkan berdoa memintakan ampunan untuk mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka buat.

Untuk mengalahkan kejahatan bukanlah dengan membalasnya, tetapi melakukan kebaikan.

Kejahatan dapat dikalahkan dengan kebaikan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkanlah, apakah ada kejahatan orang kepada saudara, apakah saudara sudah mendoakan mereka?