Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : MAZMUR 66:16-20

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Kepada siapa pemazmur ingin menceritakan apa yang dilakukan Tuhan terhadap hidupnya?
  2. Dengan apa dia berseru dan menyanyikan pujian?
  3. Apa yang membuat Tuhan tidak mendengar doa kita?
  4. Apakah Allah mendengar dan memperhatikan doa yang saudara ucapkan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Pernahkah kita memikirkan seperti apa niat jahat dalam hati?

Kejahatan seperti apa yang Tuhan tidak inginkan ada dalam hati kita saat berdoa?

Mungkin dalam pandangan banyak orang pembunuhan adalah kejahatan besar, namun kita harus ingat bahwa pelanggaran terhadap sepuluh hukum Tuhan adalah kejahatan.

Kita bisa saja berdoa dengan semangat dan antusias namun bila dalam hidup kita ada berhala-berhala yang menduakan Tuhan maka itu adalah bentuk kejahatan dalam hati kita.

Tuhan pernah sakit hati karena bangsa Israel masih membakar korban kepada Baal sementara mereka juga menyembah Allah, bagi Tuhan itu adalah kejahatan besar.

Tuhan tidak mendengar doa-doa mereka karena ada kejahatan dalam hati.

Bangsa Israel beberapa kali mengalami kekalahan dalam peperangan karena tidak menyadari kejahatan dalam hati mereka, sekalipun mereka antusias dan semangat namun semangat saja tidaklah cukup, mereka perlu memiliki hati yang benar dihadapan Tuhan ketika berperang melawan musuh-musuhnya.

Ketika kita berdoa sudah seharusnya tidak ada kejahatan dalam hati kita, pastikan bahwa dalam kehidupan setiap hari senantiasa dipimpin dan dipenuhi oleh Roh KudusNya agar kita mengalami kemenangan dalam setiap doa-doa yang kita naikkan.

Mari kita bersama mengevaluasi kehidupan sehari-hari kita, ingatlah bahwa ketika membangun mezbah doa maka kita perlu membangun seperti yang diinginkkan hatiNya, Dia menginginkan baitNya yaitu tubuh kita termasuk pikiran kita jauh dari kejahatan.

Keberhasilan kita dalam membangun mezbah doa dipengaruhi oleh gaya hidup sehari-hari dalam rumah, dalam pekerjaan atau bisnis yang kita lakukan, dalam studi yang Tuhan percayakan.

Darah Yesus memang telah menguduskan dan menyucikan hidup kita dari kejahatan dan dosa, namun kita masih hidup di dalam dunia. Iblis seperti singa masih mengelilingi kita dalam bentuk lingkungan yang belum sepenuhnya berjalan dalam kebenaranNya, ada kompromi-kompromi yang dilakukan dalam bisnis, ada berbagai aktivitas yang mungkin dapat menjadi berhala dalam hidup kita.

Biarlah Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita bersama untuk kita bisa mengevaluasi hati kita, adakah kejahatan atau niat jahat dalam hati kita terhadap Tuhan dan sesama yang menghalangi kita untuk membangun suatu mezbah doa yang benar?

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk Saudara lakukan ?
Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.