Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 8:31-34

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah yang benar-benar disebut murid Kristus?
  2. Apakah yang akan memerdekakan kita?
  3. Siapa yang disebut sebagai hamba dosa?
  4. Siapakah yang tetap tinggal dalam rumah?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Dosa merupakan perkara yang harus kita singkirkan bila kita ingin mengalami kuasa doa dalam kehidupan kita. 

Setiap orang yang berbuat dosa adalah hamba dosa, Bapa telah mengangangkat kita orang percaya sebagai anak-anakNya, kita dapat memanggil Dia sebagai Bapa karena anugerahNya berlaku atas hidup kita, oleh sebab itu tidak selayaknya kita menjadi hamba dosa.

Roh Kudus diberikan kepada kita sebagai penolong dan kuasa diberikan agar kita memiliki otoritas mengatasi setiap tipu muslihat dan godaan iblis, sehingga dapat berdoa dengan efektif.

Yesus telah memberikan teladan bagaimana berdoa dengan efektif ketika melayani, pada saat berdoa secara pribadi Yesus bisa berlama-lama dengan Bapa, namun pada saat pelayanan ketika menyembuhkan orang sakit, mengusir setan dan membangkitkan orang mati Alkitab tidak mencatat doa-doa yang panjang dari Yesus.

Yesus hanya mengucapkan beberapa kalimat bahkan beberapa patah kata dan itu cukup untuk meyembuhkan orang sakit.

Mengapa Yesus dapat melakukan demikian?

Karena Yesus bukanlah hamba dosa, Yesus memiliki keyakinan akan tugas yang diberikan Bapa kepadaNya.  

Bagaimana dengan kita?

Adakah penghalang yang membuat kita tidak efektif dan tidak benar dalam berdoa sehingga tidak mengalami apa yang kita doakan?

Menjadi hamba dosa adalah salah satu “sarang penyamun” dalam hidup yang harus kita singkirkan.

Kita bisa melihat dalam hidup kita masing-masing, adakah kita tetap menjadi hamba dosa sekalipun sudah bertobat dan mengalami kelahiran baru dalam hidup kita?

Yesus berkata : “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku  dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” 

Kita mengalami kemerdekaan karena mengetahui kebenaran, kita mengetahui kebenaran karena kita adalah murid-muridNya, kita adalah murid-muridNya bila kita tetap dalam firman Tuhan.

Marilah kita tetap dalam firmanNya, tetap dalam firmanNya berarti kita konsisten dan setia melakukan kebenaran dalam kondisi apapun, sehingga kita menjadi murid-muridNya yang sejati.

Tuhan merindukan kita sebagai murid-muridNya dapat berdoa dengan benar dan efektif sama seperti yang pernah Dia lakukan ketika melayani dan menggenapi rencana Bapa pada saat di dunia.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.