YAKOBUS 1:20 Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.

Saudara yang kekasih dalam Yesus, Yakobus salah seorang adik kandung Yesus menuliskan ayat firman Tuhan di atas mendorong kita supaya kita membangun diri kita, sebagai Bait Allah atau sebagai Rumah Doa.

I KORINTUS 6:19-20 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Rasul Paulus mengatakan dengan jelas bahwa diri kita adalah terdiri dari roh, jiwa dan tubuh. Ketika kita lahir baru maka kita mengalami ciptaan baru.

I KORINTUS 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Ketika kita lahir baru maka TUHAN ALLAH mengaruniakan ROH KUDUS tinggal di dalam kita.

EFESUS 1:13-14 Di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

Tuhan mengaruniakan Roh Kudus sehingga kita mengalami kehidupan rohani, namun rasul Paulus katakan ada bagian kita yang harus mengalami pemulihan dari hari ke hari :

KOLOSE 3:10 Dan telah mengenakan manusia baru yang terus menerus diperbarui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar khaliknya.

Itulah yang disebut oleh Yudas : ”bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.”

Rasul Petrus menyatakan yang sama :

II PETRUS 1:5-7 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, dan kepada pengetahuan penguasaan diri, dan kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.

Membangun diri sendiri ini juga dapat dilakukan dengan terus berdoa dalam Roh Kudus, sehingga Roh Kudus akan mengajarkan bagaimana caranya membangun diri sendiri di atas DASAR IMAN YANG SUCI itu.

I KORINTUS 14:4 Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.

Lewat berbahasa roh, maka kita akan mendengar arahan Tuhan bagaimana, dan apa yang harus dilakukan untuk mebangun di atas dasar iman yang suci itu. Sehingga apa yang Allah mau atas kesempurnaan kita akan direalisasikan.

I TESALONIKA 5:23-24 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. IA yang memanggil kamu adalah setia, IA  juga akan menggenapinya.

TUHAN YESUS KRISTUS, melalui kehadiran-Nya dalam hidup kita akan menolong dan menguatkan kita untuk membangun diri kita di atas DASAR IMAN YANG SUCI.

EFESUS 3:17 sehingga oleh imanmu KRISTUS DIAM dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih

FILIPI 4:13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Roh Kudus akan menolong kita dan memberi kekuatan kepada kita ketika kita mau bergantung kepadanya dalam membangun diri kita yaitu rumah Allah atau BAIT ALLAH dan menjadikannya RUMAH DOA, HALELUYA. PUJI TUHAN.