Renungan Harian Kita
Penulis : Aris Handoko dan tim

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 17:5-9

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Kepada siapakah Yesus menyatakan namaNya?
  2. Milik siapakah mereka yang percaya kepada namaNya?
  3. Untuk siapa Yesus berdoa?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Firman Tuhan hari ini memperlihatkan kepada kita betapa Kristus mengasihi murid-muridNya.

Doa Yesus untuk murid-muridNya ini terjadi pada masa genting, yakni masa di mana penangkapan Yesus dan penyaliban-Nya akan segera terjadi.

Yesus tahu hal itu.

Namun, Ia bukanlah pribadi yang egois, yang hanya memikirkan diri-Nya sendiri.

Yesus menyadari bahwa murid-muridNya adalah milik-Nya dan milik Bapa, sehingga dunia akan memusuhi mereka, karena Kristus dan Bapa pun dimusuhi oleh dunia.

Oleh karena itu, waktu-waktu ke depannya akan sangat berat bagi mereka.

Mereka harus menjadi utusan-utusan Kristus di tengah-tengah dunia yang memusuhi mereka.

Mereka perlu untuk tetap dipelihara dan menjadi satu, dilindungi dari segala yang jahat, dan dikuduskan dalam kebenaran agar mereka mampu dan layak menjalankan misi menjadi utusan-utusan Kristus bagi banyak orang. Yesus menopang mereka dalam doa untuk misi yang besar itu.

Saudara, bagaimana dengan saudara hari-hari ini?

Apakah saudara merasa begitu sulit dan banyak tantangan dalam menjalankan misi Kristus?

Ingatlah doa Kristus ini bagi kita, bahwa Allah setia memelihara kita semua murid-muridNya, melindungi kita dari segala yang jahat dan menguduskan kita dalam kebenaran Allah.

Demikian juga kita terhadap murid-murid Kristus yang dipercayakan kepada kita: berdoalah juga bagi mereka, sama seperti Kristus berdoa bagi murid-muridNya dan semua orang percaya.

Karena sebagai murid-murid Kristus, kita semua ada di posisi yang sama, dalam misi yang sama, dan bahkan penderitaan yang sama.

Marilah kita saling menopang dalam doa, karena itulah kekuatan kita.

Terlebih lagi untuk orang-orang yang kita muridkan, kita berdoa bagi mereka agar mereka pun tetap kuat walau apapun tantangannya.

Sebab kita tahu, Bapa tidak pernah meninggalkan kita anak-anakNya, karena kita adalah utusan-utusan Kristus yang sepenuhnya milik-Nya. Amin!

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Berdoalah bersama dengan pembimbing saudara bagi murid-murid dan orang-orang yang hari ini berada dalam jangkauan saudara. Mintalah hati Tuhan untuk memandang mereka seperti Yesus memandang.