Renungan Harian Kita
Penulis : Aris Handoko dan tim

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : MATIUS 26:40-46

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang Yesus sedang lakukan ketika Ia berkata kepada Petrus tentang berjaga-jaga?
  2. Mengapa kita perlu berjaga-jaga dan berdoa?
  3. Bagaimana doa Yesus saat Ia berjaga-jaga dalam doaNya?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, dapatkah membayangkan akan seperti apa jadinya karya keselamatan Allah jika Yesus tidak tekun berdoa dan berjaga-jaga, khususnya ketika di taman Getsemani?

Dalam Matius 26:40-46, kita dapat mengetahui bahwa di masa-masa genting, Yesus pun dapat goyah dalam “meminum cawan” yang pahit itu. Benar yang Yesus katakan bahwa roh memang penurut, tetapi daging lemah.

Kita bisa melihat dalam doa Yesus, bahwa jika memungkinkan Ia tidak perlu mengalami penderitaan yang berat itu, namun Ia mengakhiri doaNya dengan menyatakan bahwa harus kehendak Bapa-lah yang terjadi.

Karena Tuhan Yesus tetap konsisten, tekun berdoa, dan berjaga-jaga pada masa yang genting itu, Ia siap dan tidak goyah lagi untuk menghadapi penderitaan yang akan datang pada-Nya demi menebus manusia dari dosa.

Sebaliknya, kita bisa melihat hal yang bertolak belakang terjadi pada murid-murid yang menyertai Yesus.

Mereka lebih menuruti keinginan daging mereka untuk tidur dan tidak berjaga-jaga serta berdoa. Ketika penangkapan Yesus terjadi, mereka tidak siap.

Saudara, kita perlu selalu menjaga kondisi rohani. Ketika tidak tekun berdoa dan berjaga-jaga, kita pun akan tidak siap.

Banyak hal yang iblis rancangkan untuk menjatuhkan kita dan menjelekkan nama Allah.

Bila kita tidak melatih diri untuk tekun berdoa dan berjaga-jaga, maka kita akan selalu terjatuh dan iblis akan memanfaatkan itu untuk kepentingannya.

Namun sebaliknya, ketika kita mengikuti teladan Kristus yang selalu membiasakan diri untuk berdoa dan berjaga-jaga, bahkan di saat-saat genting sekalipun seperti di taman Getsemani, maka kita akan siap menghadapi apapun yang terjadi termasuk yang iblis rancangkan untuk menjatuhkan kita.

Kita akan menghadapinya dengan penuh kemenangan yang dari Tuhan.

Dan ketika itu terjadi, Tuhan disenangkan, nama-Nya dipermuliakan, dan semakin banyak orang  datang kepada Tuhan.

Amin.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dengan persekutuan saudara, apakah hal-hal yang hari ini mendatangkan ketidakpuasan bagi saudara dan bagaimana saudara bisa memiliki hikmat untuk mengatasi perasaan tersebut?