Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : MATIUS 26:36-39

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Matius 26:36.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Di manakah Yesus berdoa bersama murid-muridNya?
  2. Apakah yang Yesus rasakan ketika Ia berdoa bersama-sama dengan murid-muridNya di taman Getsemani?
  3. Coba saudara sebutkan apakah doa Yesus tersebut di taman Getsemani?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Sebelum Yesus disalibkan, Ia berdoa bersama-sama dengan murid-muridNya di taman Getsemani. Namun murid-muridNya tidak dapat berjaga-jaga bersama dengan Dia dan murid-muridNya tertidur.

Namun Yesus berdoa dengan rasa hati sangat sedih, seperti mau mati rasanya.

Ia berdoa sebanyak tiga kali dengan isinya adalah: “Ya Bapa-Ku jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

Sama seperti Yesus, kita pun kadang kala dibawa oleh Tuhan untuk mengalami doa di taman Getsemani di mana di dalam doa tersebut kita harus menyerahkan kehendak kita kepada Tuhan, benar-benar tunduk kepada keinginan Dia, kita mati terhadap keinginan dan cita-cita kita dan membiarkan kehendak kita diambil oleh Tuhan.

Kadang kala ini menyangkut pilihan-pilihan dalam kehidupan, baik dalam hal pekerjaan, pasangan hidup, sekolah dan kuliah juga tempat di mana kita akan diutus, di mana kadang kala keinginan kita bertentangan terhadap keinginan Tuhan sehingga terjadi pergumulan yang terus dibawa dalam hadirat Tuhan untuk didoakan.

Doa taman Getsemani itu merupakan penyerahan hak kita kepada Tuhan, itulah sebabnya Yesus mengupayakan sampai tiga kali yang pada akhirnya Dia menyerahkan hak-Nya sepenuhnya kepada Bapa, Yesus menang terhadap keinginan dan rencana-Nya pribadi, demikianlah kita masuk dalam doa taman Getsemani sampai kehendak Tuhanlah yang seutuhnya kita terima dan hati kita berkemenangan seperti hati Yesus.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana pengalaman saudara masuk dalam doa taman Getsemani dan hati saudara mengalami kemenangan setelah berdoa!