Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : MARKUS 1:35-39

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Markus 1:35.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Pada saat kapankah Yesus pergi ke tempat sunyi dan berdoa?
  2. Menurut saudara, mengapa Yesus pergi berdoa pagi-pagi benar?
  3. Apakah yang Yesus alami ketika Ia berdoa kepada Bapa di pagi hari?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Yesus memberi teladan kepada murid-murid-Nya bahwa Dia berdoa pagi-pagi benar dan di tempat yang sunyi.

Hal ini juga harus menjadi pola yang dihidupi oleh umat Tuhan pada saat-saat ini.

Dengan segala kesibukan dalam pekerjaan, sekolah dan kuliah serta pelayanan dan urusan rumah tangga setiap hari, maka hal tersebut dapat mengganggu fokus dan konsentrasi kita dapat bersekutu dan berdoa kepada Tuhan, kelelahan dalam pikiran dan perasaan juga dalam tubuh sebagai akibat dari aktivitas sehari-hari dapat mengganggu fokus kita dalam berdoa. Oleh karena itu Yesus melakukan doa di tempat yang sunyi dan berdoa.

Ketika pagi hari setelah kita beristirahat dari semua kesibukan maka roh, jiwa dan tubuh kita mengalami ketenangan dan belum diisi dengan program-program kegiatan sepanjang hari tersebut, di pagi hari dalam ketenangan maka roh, jiwa dan tubuh kita dapat bersekutu dengan Tuhan dalam doa, pujian dan penyembahan, kita merasa perlu diisi oleh kasih dan hadirat Tuhan serta Firman-Nya dan membangun kembali kerinduan yang dalam kepada Tuhan.

Hal itu juga yang Daud lakukan di pagi hari.

“Pagi-pagi buta aku bangun dan berteriak minta tolong; aku berharap kepada firman-Mu. Aku bangun mendahului waktu jaga malam untuk merenungkan janji-Mu.” (Mazmur 119:147-148).

Dalam kesunyian dan ketenangan itulah roh, jiwa dan tubuh kita dapat menerima dan memahami Firman dan suara Tuhan yang menjadi arahan bagi kehidupan kita sepanjang hari sehingga tidak salah melangkah.

Jangan biarkan aktivitas dan kesibukan kita mengganggu kita untuk fokus kepada jalan-jalan Tuhan. Oleh karena itu, marilah kita berdoa pagi-pagi benar.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara dapat menjaga kekonsistenan dalam berdoa dan bersekutu dengan Bapa di pagi hari!