Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : IBRANI 5:7-10

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Ibrani 5:7.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Sebagai manusia, apakah yang dipersembahkan oleh Yesus kepada Bapa selama Dia ada di dunia ini?
  2. Sikap apakah yang ditunjukkan oleh Yesus ketika Dia berdoa dan memohon kepada Bapa?
  3. Apakah yang diperoleh oleh Yesus ketika Dia mempersembahkan doa dan permohonan dengan kesungguhan yang luar biasa?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Yesus memberikan teladan bagi kita dalam hal berdoa, di mana sebagai manusia Dia telah berdoa dengan benar sampai Allah mendengarkan setiap doa dan permohonan-Nya kepada Bapa.

Ada beberapa hal sikap yang benar yang dilakukan oleh Tuhan Yesus dalam hal berdoa, di antaranya: bahwa dalam berdoa dan memohon kepada Bapa, Dia telah menunjukkan kesungguhan hati-Nya dengan ratap tangis dan keluhan kepada Bapa, Dia telah menunjukkan kehidupan yang saleh di hadapan Bapa, selain itu Yesus juga menunjukkan ketaatan-Nya kepada Bapa dan pada akhirnya doa-doaNya didengar oleh Bapa bahkan Bapa meninggikan Yesus karena sikap-Nya yang benar dalam berdoa dan dalam mengabdi kepada Bapa.

Hal yang sama yang Tuhan inginkan bagi kita sebagai anak-anak-Nya bahwa kita harus selalu mempersembahkan doa dan permohonan kepada Bapa dalam ketekunan, kesalehan dan ketaatan, walaupun harus menderita. Sikap tersebut kita tunjukkan karena kita sedang berdoa dengan penuh keyakinan, penuh iman.

Kita akan mengalami kuasa doa ketika kita berdoa dengan cara yang benar seperti Yesus, “Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.”(Yakobus 5:16b), bahkan Tuhan berkenan atas hidup kita.

Oleh sebab itu marilah kita lebih bangkit lagi untuk mempersembahkan permohonan doa dan keluhan kepada Bapa seperti yang dilakukan oleh Yesus.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara membangun kehidupan doa dan permohonan sampai kuasa doa dinyatakan!