Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : KISAH PARA RASUL 13:1-4

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Pada jemaat Antiokhia hanya ada dua jawatan dari lima jawatan lainnya, apa saja kelima jawatan itu?
  2. Siapa yang berfirman pada saat mereka berdoa berpuasa?
  3. Apa arahan Roh Kudus kepada jemaat di Antiokhia?
  4. Apa yang para pemimpin lakukan sebelum melepas utusan mereka pergi untuk melakukan arahan Roh Kudus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, ketika jemaat Antiokhia mengadakan ibadah berdoa dan berpuasa, ini adalah ibadah khusus, biasanya untuk mendengarkan arahan Tuhan, secara khusus, setiap ibadah sebenarnya merupakan saat di mana jemaat ingin mendengarkan Firman yang selalu mengarahkan hidupnya.

Melalui mendengakan khotbah-khotbah kita biasanya mengerti kebenaran, yang akan mengubah pandangan kita, kebenaran yang mesti dikerjakan dan kita melakukan firman yang kita mengerti dan menjadikan kebenaran itu sebagai nilai, atau dasar prinsip hidup kita, yang juga dapat dipakai oleh JEMAAT SEBAGAI NILAI BERSAMA, dan lain-lain.

Namun ada ibadah yang disepakati untuk mendengar arahan Tuhan untuk program gereja pada tahun depan.

Hal ini diselenggarakan dalam pertemuan beberapa hari dalam ibadah doa  dan puasa.

Dalam hal ini kita bisa mendengarkan arahan para pemimpin dan bisa juga dengan mendapatkan suara Roh Kudus, melalui seseorang yang bernubuat, penglihatan atau tafsiran dari doa berbahasa lidah, dan lain-lain merupakan cara Roh Kudus berbicara kepada para pemimpin, lalu mendiskusikan dan bersama bersepakat menyimpulkan suatu KESIMPULAN SEBAGAI ARAHAN ROH KUDUS.

“Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagiKu untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”

Demikian arahan Roh Kudus, ketika jemaat melakukan ibadah berdoa dan berpuasa.

Dan sangat jelas arahan Roh Kudus itu dan suara inilah yang memimpin kedua rasul ini berjalan dalam pelayanan mereka selanjutnya.

Saudara, pada Perjanjian Baru di dalam Kitab KISAH PARA RASUL DAN SURAT RASUL PAULUS TERJADI BEBERAPA KALI ARAHAN ROH KUDUS, INI. DALAM PERJANJIAN LAMA JUGA HAL INI PERNAH TERJADI :

II TAWARIKH 20:3 Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN, ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa.

Dan kaum Yehuda berkumpul untuk meminta pertolongan TUHAN mereka datang dari seluruh penjuru Yehuda, untuk mencari TUHAN. 

Yosafat berdoa dan seluruh jamaah itu berdoa  kepada TUHAN : ”Ya, ALLAh kami …………..Karena kami tidak mempunyai kekuatan untuk menghadapi laskar yang besar ini, yang datang menyerang kami.

Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, TETAPI MATA KAMI TERTUJU KEPADAMU.

Sementara mereka berdoa.

lalu YAHAZIEL bin ZHAKARIA bin BENAYA bin MATANYA, seorang LEWI dari bani ASYAF, dihinggapi ROH TUHAN, di tengah-tengah jamaah, dan berseru : Maka keluarlah ARAHAN DARI ROH TUHAN, lalu keesokan harinya mereka melakukan sesuai arahan ROH TUHAN dan YOSAFAT BERHASIL memenangkan peperangan, karena TUHANLAH yang berperang bagi mereka.

Banyak kesaksian dalam ALKITAB mengenai DOA PUASA ini, yang dapat dilakukan oleh orang percaya dan murid-murid YESUS untuk MENDENGARKAN ARAHAN ROH KUDUS.

HALELUYA, PUJI TUHAN.

AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Seberapa pentingkah untuk kita  mendengarkan arahan ROH KUDUS di dalam hidup kita?