Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YESAYA 6:1-9

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Seperti apa penampakan Yesaya tentang TUHAN?
  2. Apa yang mengelilingi Dia dan apa yang mereka katakan?
  3. Kesadaran apa yang timbul dalam Yesaya?
  4. Apa yang dilakukan oleh Serafim terhadap Yesaya, apa maknanya tindakan itu?
  5. Apa yang Tuhan katakan dan apa yang dikatakan oleh Yesaya?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, ketika YESAYA melihat TUHAN  ALLAH di dalam Surga di atas takhta-Nya DI SURGA, maka timbulah kesadaran paling dasar pada manusia jika berhadapan dengan TUHAN ALLAH YANG MAHA KUDUS.

YESAYA 6:5 Lalu kataku : “Celakalah aku! aku binasa! Sebab aku ini seorang yang najis bibir, dan aku tinggal di tengah-tengah bangsa yang najis bibir, namun mataku melihat Sang Raja, yaitu TUHAN semesta alam.

Saudara, jelaslah apa yang dialami oleh Yesaya, adalah pengalaman ANUGERAH KASIH KARUNIA, karena dengan jelas YESUS PERNAH BERKATA BAHWA :

MATIUS 5:8 Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.

Apa yang keluar dari mulut, bibir, adalah suatu perbendaharaan di dalam hati orang itu, jadi kalau Yesaya Najis bibir, maka hatinya juga pastilah najis, namun mengapa Yesaya dapat melihat Allah?

Itulah suatu pengalaman oleh ANUGERAH KASIH KARUNIA YESAYA MEMPEROLEH PENGLIHATAN ITU KARENA TUHAN ALLAH MEMILIH DIA UNTUK SATU TUJUAN ILAHI ALLAH.

TUHAN ALLAH memilih YESAYA dan karena dia dipilih, maka ketika Dia melihat Allah, maka dia didatangi oleh satu Serafim yang membawa bara api yang diambilnya dengan sepit dari Mezbah, bara itu disentuhkan kepada  bibir Yesaya untuk menyucikan mulutnya ataupun seluruh hidupnya.

YESAYA 6:7 Ia menyentuhkannya kepada mulutku serta berkata : ”Lihat, ini telah menyentuh bibirmu, maka kesalahanmu telah dihapus dan dosamu telah diampuni.”

Setelah Yesaya beroleh pangampunan dan penyucian maka :

YESAYA 6:910 Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata : ”Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku : “Ini aku, utuslah aku!”

Kemudian TUHAN ALLAH berfirman : “Pergilah, dan katakanlah kepada bangsa ini.

Dengarlah sungguh-sungguh, tetapi mengerti jangan!

Lihatlah sungguh-sungguh tetapi menanggap jangan.

Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh.

Saudara, inilah perjumpaan antara Yesaya dengan TUHAN ALLAH, ketika TUHAN ALLAH hendak mengutus Yesaya untuk menjadi NABINYA TUHAN yang diutus kepada bangsa ISRAEL.  

Perjumpaan dengan TUHAN ALLAH merupakan suatu doa yang berlangsung dalam perjumpaan YESAYA dengan TUHAN ALLAH, yang memilih YESAYA untuk menjadi utusan ALLAH yang akan di utus-Nya kepada Israel.

Hal yang sama saat ini juga bisa terjadi ketika kita berdoa dengan puasa untuk mencari arahan Tuhan.

Dan saat ini ada banyak anak-anak Tuhan yang melakukan doa puasa dalam gereja-gereja atau persekutuan-persekutuan untuk mendapatkan arahan Tuhan untuk mendengarkan TUGAS yang diperintahkan oleh TUHAN seperti AMANAT AGUNG yang ditugaskan kepada para murid YESUS yang saat ini sedang berjalan di muka bumi ini.

HALELUYA, PUJI TUHAN AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Apa yang menyebabkan banyak anak TUHAN yang rela untuk menjadi utusan TUHAN ALLAH pada saat ini?