Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : MATIUS 18:18-20

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang terjadi bila kita mengikat dan melepaskan sesuatu di dunia?
  2. Menurut Yesus berapa orang diperlukan untuk bisa sepakat meminta permohonan kepada Bapa?
  3. Permintaan seperti apa yang akan dikabulkan Bapa di surga?
  4. Apa yang terjadi bila dua atau tiga orang berkumpul dalam nama Yesus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Selain persekutuan pribadi dengan doa untuk membangun hubungan erat kita dengan Bapa, Tuhan ingin kita berkumpul bersama dalam suatu doa korporat di mana nama Tuhan disebutkan.

Dua atau tiga orang berkumpul dalam nama Tuhan untuk mengikat dan melepas sesuatu adalah bentuk pelayanan bersama kita menggenapi apa yang Tuhan rencanakan agar injil kerajaanNya diperluas.

Kegiatan berkumpul untuk bersekutu dalam doa dan pengajaran merupakan hal rutin yang tercatat dalam gereja mula-mula.

Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan.

“Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda.” (Kisah Para Rasul 2:42-43).

Banyak orang melihat mukjizat dan tanda ajaib sebagai hasil dari pertemuan-pertemuan doa di mana nama Tuhan diserukan, murid-murid Kristus juga bertambah banyak karena banyak orang menggabungkan diri dalam pertemuan-pertemuan yang mereka lakukan.

Selain itu doa-doa bersama yang dilakukan murid-murid pada waktu itu memberikan keberanian bersama untuk mereka memberitakan Injil Kerajaan Allah.

Para murid tentu tidak hanya sekedar mendoakan agar banyak orang datang mempercayai Yesus sebagai Juru Selamat, tetapi mereka sendiri menjadi bagian dari jawaban doa-doa yang dinaikkan.

Mereka disukai banyak orang karena perubahan gaya hidup mereka, orang-orang baru ditambahkan bergabung kepada kumpulan mereka, tidak hanya karena melihat kuasa dan tanda-tanda ajaib saja tetapi mereka melihat kehidupan murid-murid yang berubah dan berbeda dari masyarakat pada saat itu.

Komunitas doa merupakan sarana yang dipakai Tuhan untuk dapat bersekutu bersama umatNya dalam memberkati suatu komunitas lainnya seperti suku bangsa, desa-desa, kota-kota bahkan bangsa-bangsa.

Kita bisa memberkati mereka di manapun mereka berada dengan cara mendoakan dalam komunitas doa di mana nama Tuhan disebutkan.

Firman Tuhan yang kita baca hari ini mengingatkan kita bersama betapa penting dan hebatnya perkumpulan orang-orang percaya yang bersehati berdoa untuk memberkati bangsa-bangsa agar mata dan hati mereka terbuka untuk injil.

Mari kita sediakan waktu untuk secara rutin berkumpul bersama berdoa dalam persekutuan atau dalam kelompok yang lebih besar di gereja, karena kegiatan doa bersama ini adalah bagian pelayanan kita kepada Tuhan dan kepada sesama yang belum mengenal injil keselamatan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.