Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 1 KORINTUS 14:2-5

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Kepada siapa kita berkata-kata ketika berbahasa roh?
  2. Kepada siapa kita bernubuat untuk membangun, menasihati dan menghibur?
  3. Dengan apa kita membangun diri sendiri dan dengan apa kita membangun jemaat?
  4. Bagaimana bahasa roh agar dapat menjadi berkat dan membangun jemaat?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Bahasa roh merupakan karunia yang Tuhan berikan kepada orang percaya untuk dapat berkomunikasi dengan Tuhan.

Sekalipun dalam perikop yang kita baca hari ini Paulus menuliskan kepada jemaat Korintus agar menggunakan bahasa yang dimengerti dalam bentuk bernubuat untuk membangun jemaat namun kita menyadari bahwa perlu membangun diri sendiri terlebih dulu sebelum dapat membangun jemaat.

Prinsipnya adalah bahasa roh kita gunakan secara pribadi ketika kita berkata-kata kepada Allah untuk suatu permohonan yang digerakkan oleh Roh Kudus sehingga menolong kita untuk berdoa dengan benar.

Ketika kita berdoa seturut dengan pimpinan Roh tanpa menggunakan bahasa manusia maka diri kita akan dibangun karena terhubung dengan Bapa, kita mengalami bagaimana seluruh kerinduan Tuhan dicurahkan lewat mulut kita sehingga menghasilkan doa-doa yang berkenan kepada Dia.

Sesuai dengan surat Paulus ini tentu tulisan ini tidak terlepas dari kesaksian hidup Paulus sendiri bagaimana dia senantiasa membangun dirinya dengan bahasa roh dalam kondisi apapun.

Paulus tetap kuat sehingga di manapun dia berada bahkan dipenjara dan dalam penderitaan yang dia alami karena injil yang diberitakan kita bisa membaca bahwa dia tetap teguh dan tak tergoyahkan.

Kesaksian Paulus membuktikan bahwa bahasa roh yang dia gunakan setiap saat sangat membangun hidupnya sehingga pada akhirnya jemaat-jemaat yang dikunjungi diberkati oleh pelayanannya.

Tahun ini sesuai yang didapatkan penatua dari Tuhan untuk kita membangun mezbah doa maka kita bisa mulai dari diri sendiri secara pribadi untuk menggunakan bahasa roh dalam doa-doa pribadi kita.

Kita membebaskan Roh Kudus mengarahkan kita dalam kata-kata yang hanya dimengerti oleh Tuhan dan kita dibangun secara pribadi dalam persekutuan yang semakin erat dengan Bapa.

Doa-doa kita pasti memberikan dampak dalam pelayanan yang Tuhan percayakan kepada jemaat lokal di mana kita bertumbuh.

Visi sebagai gereja yang antusias untuk bangsa-bangsa penuh kemuliaanNya dapat terjadi karena setiap jemaat rutin membangun diri melalui doa-doa pribadi dengan menggunakan bahasa roh.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.