Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : MATIUS 7:7-11

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah janji Tuhan mengenai setiap orang yang meminta dalam doa?
  2. Adakah seorang bapa memberikan batu kepada anaknya yang meminta roti?
  3. Apakah Bapa di surga lebih tahu kebutuhan kita ?
  4. Pemberian seperti apa yang diberikan oleh Bapa kita di surga?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Bapa yang kita sembah adalah Bapa yang senantiasa ingin memberikan yang baik kepada anak-anakNya, bahkan sejak kita berdosa pun Bapa telah memberikan apa yang paling dibutuhkan oleh kita sebagai manusia berdosa yaitu keselamatan, kehidupan kekal dan persekutuan dengan Dia.

Saat ini sebagai orang percaya kita telah diangkat menjadi anakNya oleh karena pengorbanan Yesus di atas kayu salib, posisi kita berbeda dengan orang-orang berdosa yang belum menerima anugerahNya.

Bapa ingin agar kita meminta kepadaNya apapun yang diinginkan hati kita, sekalipun mungkin itu tidak sesuai dengan kehendakNya Bapa di surga mengetahui bagaimana Dia menjawab permohonan kita.

Saudara, bapa kita secara jasmani mungkin punya banyak kelemahan, mungkin saja otoriter ataupun mungkin tidak ada perhatian kepada kita, sehingga kita menjadi takut untuk menyampaikan segala sesuatu kepada ayah kita.

Bapa di surga tidaklah demikian, perikop yang kita baca hari ini mengingatkan kepada kita semua bahwa yang utama adalah Bapa ingin berkomunikasi dengan kita melalui doa yang kita naikkan, apapun itu Bapa pasti akan menerima permohonan kita, sekalipun itu permohonan yang tidak tepat bahkan mungkin salah, saudara tidak perlu takut untuk menyampaikan kepada Bapa.

Bapa kita adalah Bapa yang tahu isi hati kita terdalam, Dia tahu keterbatasan kita, Dia tahu kelemahan kita, Dia tahu bagaimana menjawab permintaan kita dengan tepat sesuai kebutuhan kita. Mungkin ayah kita secara jasmani bisa membentak atau menyalahkan kita bila kita meminta yang salah menurut pandangannya, tetapi Bapa di surga tidaklah demikian, Dia jauh lebih baik dari pada bapa jasmani kita.

“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.” (Matius 7:7-8).

Saudara, Bapa ingin kita datang lebih dulu kepadaNya dan mengandalkan Dia untuk segala permohonan kita, bukan datang kepada manusia karena mengandalkan kekuatan dan kekuasaannya.

Apakah hari ini saudara mengalami banyak pergumulan?

Teruslah bersekutu dan berdoa kepada Bapa, curahkanlah segala isi hati saudara untuk apapun pergumulan saudara, Bapa di surga menerima dan mendengar itu semua, Dia pasti memberikan jalan keluar untuk pergumulan dan permohonan saudara.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.