Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : II KORINTUS 8:1-4

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah II Korintus 8:2.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Kasih karunia apakah yang Tuhan berikan kepada jemaat-jemaat di Makedonia?
  2. Apakah bukti bahwa mereka kaya dalam kemurahan?
  3. Sikap apakah yang mereka tunjukkan kepada rasul Paulus bahwa mereka berolah kasih karunia untuk mengambil bagian dalam pelayanan kepada orang-orang kudus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Tuhan memberikan kuasa kasih karunia atau kuasa anugerah kepada jemaat di Makedonia yaitu wujud dari kebaikan/kemurahan ilahi yang Tuhan nyatakan dalam hidup mereka karena respon yang mereka berikan terhadap pekerjaan Roh Kudus yang terjadi dalam kehidupan jemaat Makedonia, yaitu dengan cara memberikan kemampuan (potensi) yang jemaat Makedonia butuhkan untuk dapat menyelesaikan kehendak Tuhan yaitu dimana mereka kaya dalam kemurahan.

Ciri-cirinya adalah bahwa walaupun mereka dicoba dengan berat dalam pelbagai penderitaaan dan meskipun mereka sangat miskin tetapi mereka memiliki sukacita yang meluap-luap dalam hal memberi kepada orang-orang kudus, bahkan mereka memberi bukan hanya menurut kemampuan mereka tetapi melampaui kemampuan mereka.

Lebih dari itu mereka juga dengan rela hati dan mendesak rasul Paulus agar mereka diikutsertakan dalam pelayanan untuk memberi kepada orang-orang kudus.

Kuasa kasih karunia yang sama juga Tuhan berikan kepada kita untuk memberikan harta dan uang kita serta hidup untuk melayani orang-orang kudus, dalam hal ini secara spesifik memberi untuk pelayanan misi untuk menjangkau bangsa-bangsa bahkan hidup kita mau diutus untuk melayani bangsa-bangsa sehingga kita menjadi umat yang kaya dalam kemurahan.

Untuk mengalami kuasa anugerah maka kita juga sebelumnya harus memiliki pemahaman tentang Yesus dan apa yang telah Dia buat bagi kita yaitu: “Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya.” (II Korintus 8:9), sehingga dalam segala hal kita kaya dalam kemurahan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana saudara senantiasa hidup kaya dalam kemurahan!