Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : II KORINTUS 9:6-9

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah II Korintus 9:6.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Coba sebutkan beberapa prinsip dari Tuhan yang menjadi pola bagi kita dalam hal memberi?
  2. Apakah yang Allah kerjakan bagi kita di saat kita memberi dengan pola Tuhan?
  3. Menurut suadara apakah yang dimaksudkan dengan “Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia”?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Tuhan mengajarkan kepada kita beberapa prinsip dalam hal memberi dan hal ini harus menjadi pola bagi kehidupan kita dalam hal memberi.

Prinsip tersebut adalah kalau kita menabur sedikit maka kita akan menuai sedikit dan jika kita menabur banyak maka kita akan menuai banyak.

Selain itu kita harus memberi dengan kerelaan dan tidak dengan sedih hati atau karena paksaan, karena Tuhan sangat mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

Dan dalam hal memberi inipun kita harus meminta tuntunan Tuhan kemana kita harus memberi sehingga kita memberi di tempat yang tepat.

Misalnya dalam gereja lokal di mana kita ada, pekerjaan misi yang harus dikerjakan, dan lain-lain juga kita harus memberi berdasarkan kemampuan atau memberi yang terbaik dari yang kita miliki, sehingga pemberian kita berkenan bagi Tuhan dan menyenangkan hati-Nya.

Ketika kita memberi dengan prinsip-prinsip Firman Tuhan maka kita akan menikmati kuasa anugerah dari Tuhan yaitu wujud dari kebaikan/kemurahan ilahi yang Tuhan nyatakan dalam hidup kita karena respon yang kita tunjukkan terhadap pekerjaan Roh Kudus dan Firman-Nya sehingga kita senantiasa berkecukupan dalam segala sesuatu bahkan berkelebihan dalam segala kebajikan, bukan hanya memberi uang dan harta kepada orang lain dan pekerjaan Tuhan tetapi juga belas kasihan, kemurahan hati untuk menolong orang lain, mengampuni orang lain, kerendahan hati untuk lebih mementingkan orang lain dari pada diri sendiri, sehingga kita selalu bersukacita untuk membagi-bagikan segala sesuatu untuk orang lain termasuk musuh kita dan orang-orang yang berdosa dan pada akhirnya kita  menuai banyak dan hidup senantiasa berkelimpahan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara tetap konsisten dalam melakukan prinsip Firman Tuhan yaitu menabur banyak dan menuai banyak!