Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : ULANGAN 2:4-7

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Mengapa bani Esau penduduk Seir takut kepada bangsa Israel?
  2. Mengapa orang Israel tidak boleh menyerang bani Esau di daerah Seir?
  3. Apa yang harus dilakukan ketika bangsa Israel melewati pegunungan Seir?
  4. Mengapa orang Israel musti membayar segala yang mereka perlukan dan yang mereka dapat dari bani Esau?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara,  Esau dan Yakub bersaudara.

Bani Esau diberi tanah bagiannya sesuai dengan apa yang diberikan oleh Ishak ayah mereka oleh karena itu Allah menginginkan agar bangsa Israel menghormati hak bani Esau, mereka boleh lewat tapi tidak boleh seenaknya memungut atau mengambil hasil-hasil pertanian mereka dan membolehkan minum air dari bani Esau tetapi mereka musti membayar.

Jadi sejak dahulu Tuhan Allah sudah membuat aturan yang  begitu baik dan hukum yang bagus supaya setiap saudara saling menghargai.

Esau pernah berniat hendak membunuh Yakub karena Yakub mengambil hak kesulungan dari ayahnya Ishak, tapi itu dibenarkan oleh Allah karena Esau telah menjualnya dengan semangkuk sup kacang merah dan Esau mengatakan bahwa untuk apa kesulungan.

Karena kelelahan sepulang dari padang dan kemudian melihat sup kacang merah masakan Yakub, demi mendapatkan sup kacang merah, dia rela menukar hak kesulungan itu dengan sup kacang merah.

Dan ketika Yakub mengambil hak kesulungannya berupa BERKAT UTAMA dari ayah mereka, Esau marah dan dia berencana untuk membunuh Esau.

Esau pun melarikan diri ke rumah Laban dan hidup di sana sebagai HAMBA LABAN PAMANNYA.

Selama Yakub ada di negeri Laban TUHAN sangat memberkati Yakub dan semua anak-anaknya dia bawa pulang ke TANAH PERJANJIAN yaitu TANAH KANAAN.

Ketika Yakub tinggal di negeri Laban maka hati Esau melunak kepada Yakub, sehingga ketika Yakub pulang ke negeri Kanaan Esau bisa menerima dia sebagai adik yang ternyata juga dirindukannya, karena ternyata Tuhan juga memberkati Esau karena dia juga cucu Abraham orang yang diberkati itu.

Ketika Ishak meninggal dunia, Esau dan Yakub bersama mereka menguburkan ayah mereka dikuburan yang dibeli oleh kakek mereka Abraham.

Esau tinggal di pegunungan Seir, dan Yakub di daerah Kanaan lainnya dan mereka masih sebagai pendatang di tanah Perjanjian itu.

Yakub pergi ke Mesir dan menjadi budak di sana dan tanah Kanaan di kuasai oleh orang-orang Amori dan penghuninya ada tujuh suku bangsa di sana.

Keturunan Esau yang menduduki daerah pegunungan Seir lama kelamaan menguasai daerah itu karena mereka beranak pinak dan mereka telah berkembang menjadi suatu suku bangsa yang mendiami pegunungan Seir.

Bangsa Israel keluar dari tanah Mesir dari tanah perbudakan Mesir.

Sebagai budak mereka menderita, namun Tuhan terus memberkati mereka sebagai keturunan Abraham yang telah mendapaat berkat dari TUHAN ALLAH.

AMSAL 10:22 Berkat TUHANlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.

TUHAN ALLAH memberkati Abraham dan Dia berjanji akan juga memberkati keturunannya.

Anak-anak Ishak merupakan keturunan Abraham yang sudah pasti akan menerima berkat Abraham.

Oleh karena Israel keluar dari Mesir mereka dibekali oleh bangsa mesir dengan PERAK dan EMAS yang mereka minta kepada orang MESIR dan orang Mesir mengusir orang Israel dengan pemberian-pemberian supaya bangsa Israel cepat keluar dari Mesir karena bangsa itu takut kalau mereka masih menahan bangsa Israel di Mesir, mareka takut bahwa mereka semua akan mati karena kematian anak sulung mereka.

Jadi dari harta Mesir itulah TUHAN menyuruh orang Israel MEMBAYAR semua yang mereka ambil dari saudara mereka keturunan ESAU di pegunungan SEIR itu.

Dan Ismael diberkati karena ada perjanjian khusus antara Abraham dan Hagar dengan Allah.

Ismael anak Abraham dari Hagar pembantu Sarah.

Secara khusus Abraham meminta supaya Ismael diakui sebagai anak Abraham, tapi dengan berterus terang Allah berkata bahwa Ishaklah anak Abraham yang akan mewarisi janji-Nya yang UTAMA yaitu pembawa KESELAMATAN dan YANG AKAN MEMBERKATI DUNIA ini.

Saudara, begitu juga dengan kita hari ini TUHAN telah berjanji bahwa : BARANG SIAPA YANG PERCAYA KEPADA YESUS KRISTUS tidak akan binasa melainkan beroleh KESELAMATAN. Bahkan INTI UTAMA BERKAT ABRAHAM YAITU ROH KUDUS telah dikaruniakan-Nya kepada orang percaya sesuai dengan janji-Nya itu.

ROH KUDUS inilah yang akan mengajari kita dan Dia yang akan membawa kita dan membimbing kita.

YOHANES 14:26-27; 16:13 Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku. Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu, dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Dengan Roh Kudus inilah sekarang orang percaya akan diberkati oleh Allah sehingga apa saja yang kita kerjakan dengan tangan kita akan diberkati, janji yang pernah Tuhan katakan kepada Abraham maka orang percaya kepada Yesus disebut pewaris janji Allah kepada Abraham.

Hal ini yang terjadi kepada kita pada zaman ini, oleh Roh Kudus.

Dia akan mengajari kita untuk memperoleh BERKAT ABRAHAM YANG TELAH DIJANJIKAN.

Dan Roh Kudus yang akan membuat kita berhasil dalam semua pekerjaan dan pelayanan kita.

HALELUYA.

AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Mengapa ada orang yang percaya kepada Yesus, selalu gagal dalam banyak aspek hidupnya?