Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : ULANGAN 8:17-20

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah kita bisa berkata bahwa kekuatankulah yang menjadikan aku sukses?
  2. Siapakah yang menjadi sumber sukses kita?
  3. Apa yang Tuhan berikan kepada kita sehingga kita berhasil dalam pekerjaan kita?
  4. Mengapa Tuhan mengijinkan orang percaya boleh beroleh kekayaannya atau suksesnya?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, dalam Perjanjian Lama maka HUKUM TAURAT merupakan petunjuk atau hukum yang berlaku bagi orang Israel.

Bagi kita orang percaya yang hidup dalam Perjanjian Baru, maka tidak sepenuhnya lagi hukum Taurat diberlakukan kepada kita.

Hukum Kasih Karunia dan Hukum Kristuslah yang berlaku atas hidup kita saat ini.

Saudara, Kasih Bapa yang sempurna itu telah dinyatakan kepada kita melalui PENGORBANAN YESUS di atas KAYU SALIB.

EFESUS 2:8-9 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukanlah hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukanlah hasil pekerjaanmu : jangan ada orang yang memegahkan diri.

Saudara, kita beroleh keselamatan karena IMAN bukan karena PEKERJAAN KITA atau bukan karena USAHA kita.

Karena Kasih karunia Tuhan dan KARYA YESUS KRISTUS, kita diselamatkan.

EFESUS 1:13-14 Di dalam Dia kamu juga – karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu – di dalam Dia kamu juga,  ketika kamu percaya. Di meteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

Saudara, semua orang PERCAYA disebut sebagai keturunan Abraham, dan sebagai orang PERCAYA kita disebut juga SEBAGAI PEWARIS DARI JANJI ALLAH KEPADA ABRAHAM.   

YESUS dan ROH KUDUS merupakan bagian inti dari janji Allah kepada Abraham, ada banyak janji Allah telah direalisasikan kepada keturunan Abraham, termasuk kpada keturunan BIOLOGISnya.

ISRAEL dari ISHAK dan ARAB dari ISMAEL.

Secara kasat mata dua bangsa ini merupakan orang-orang yang kaya di muka bumi ini saat ini.

Tapi banyak dari mereka belum memperoleh JANJI UTAMA dari BAPA ITU yaitu ROH KUDUS yang DI ANUGERAHKAN HANYA KEPADA ORANG PERCAYA KEPADA YESUS sesuai dengan apa yang dulu diterima oleh Abraham.

ROMA 4:20-22 Tetapi terhadap janji Allah ia tidak bimbang karena ketidak percayaan, malah ia diperkuat dalam imannya dan ia memuliakan Allah. Dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan. Karena itu hal ini diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran.

Kata-kata ini : “hal ini diperhitungkan kepadanya” tidak ditulis untuk Abraham saja, tetapi ditulis juga untuk kita; sebab kepada kitapun Allah memperhitungkannya, karena kita percaya kepada Dia, yang telah membangkitkan Yesus Tuhan kita, dari antara orang mati, yaitu Yesus yang telah diserahkan karena pelanggaran kita dan dibangkitkan karena pembenaran.

Saudara, oleh Iman dan kepercayaan kita maka Allah menganugerahkan Roh Kudus yang sangat ingin memimpin hidup kita supaya kita bisa dibuat-Nya MULIA.

Sehingga kalau kita dipermuliakan oleh Bapa kita, kita tidak bisa berkata : ini semua karena kekuatan, kecerdasan, hikmat dan kebijaksanaanku.

ROMA 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.

Saudara Tuhan sangat ingin mmpermuliakan kita orang yang telah dibenarkan-Nya, karena itu Dia mengaruniakan kita ROH KUDUS.

Supaya kita mengalami kelahiran baru, dan Dia memulihkan kita dari dalam hidup kita.

Dan Bapa mau supaya kita hidup oleh ROH dan supaya kita juga rela untuk dipimpin-Nya agar kita dapat mengalami semua janji-janji Tuhan kepada orang percaya itu.

GALATIA 5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga di pimpin oleh Roh.

Bapa ingin agar kita menjadi UMAT KEPUNYAANNYA, dan menjadi BANGSA yang KUDUS, IMAMAT YANG RAJANI, yang menjadi SAKSI BAGI BAPA dan PELAKSANA AMANAT AGUNG KRISTUS.

BAPA INGIN KITA DIMULIAKAN karena itu SERAHKANLAH TUBUHMU SEBAGAI IBADAH SEJATIMU, supaya ROH KUDUS memimpinmu, agar apa yang direncanakan Bapa dalam hidupmu dapat terlaksana, dan kalau itu benar terjadi dalam hidupmu, ketahuilah itu BUKAN karena KEMAMPUANMU, KEKUATANMU, KECERDASANMU ataupun karena hikmatmu, tapi sadarilah TUHAN MENGANUGERAHKAN ROH KUDUS untuk memimpin hidupmu, sehingga engkau sukses seperti yang BAPA RENCANAKAN yaitu MULIA, HALELUYA. AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Mengapa banyak orang mengaku anak-anak Tuhan, dan PERCAYA kepada YESUS KRISTUS, hidup tanpa arah atau tujuan, dan hidup seenaknya, hidup dalam kekurangan, dililit hutang, dan hidup sangat menyedihkan?