Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : MATIUS 6:31-34

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Tiga hal apa yang Yesus katakan untuk kita tidak perlu kuatir?
  2. Apakah Bapa di Surga tahu mengenai kebutuhan kita akan tiga hal di atas?
  3. Apa yang Yesus inginkan kita cari lebih dahulu?
  4. Mengapa kita tidak perlu kuatir tentang hari esok?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Sejak awal Tuhan menginginkan umatNya adalah orang-orang yang diberkati hidupnya untuk menyatakan kemuliaan Tuhan.

Kehidupan yang diberkati tidak selalu terkait dengan materi yang dimiliki, dalam perikop hari ini Yesus mengingatkan bahwa kehidupan yang diberkati adalah ketika kita memprioritaskan Kerajaan Allah dalam seluruh aktivitas kita.

Kita tahu bahwa apapun yang Tuhan percayakan kepada kita saat ini bukanlah milik kita, bahkan hidup kita sendiri sejatinya adalah milik penebus kita, kita tidak berkuasa lagi atas tubuh dan hidup kita.

Ketika kita kuatir atas hidup kita bukankah itu berlebihan?

Bukankah pemilik hidup kita adalah Bapa di surga yang memiliki kekayaan berlimpah, jadi mengapa kita kuatir sehingga harus menghabiskan waktu untuk bekerja keras demi memenuhi kebutuhan hidup kita dan keluarga kita?

Tentu kita harus bekerja keras dan rajin, tidak ada yang salah dengan hal ini, yang menjadi persoalan adalah apakah kita sedang mengerjakan pekerjaan Tuhan atau kuatir dengan hidup kita sehingga kita bekerja dengan keras.

Saudara, pekerjaan yang Tuhan percayakan bukan hanya pelayanan di gereja atau persekutuan, namun entah itu studi, pekerjaan dan bisnis yang Tuhan percayakan kepada kita saat ini semuanya adalah tanggung jawab yang Tuhan percayakan.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kepada kita bahwa seluruh tanggung jawab yang Tuhan percayakan kepada kita semuanya harus diprioritaskan untuk Kerajaan Allah, bukan untuk pribadi kita.

Bila kita memiliki paradigma yang benar tentu kita tidak perlu kuatir, kita tidak perlu kuatir dengan kebutuhan primer, sekunder bahkan tersier, Bapa di surga lebih tahu yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan kita.

Kita tidak perlu kuatir dengan studi kita karena kita belajar untuk Kerajaan Allah, kita tidak perlu kuatir dengan pekerjaan kita karena kita bekerja agar Kerajaan Allah dinyatakan ditempat kita bekerja.

Janji Tuhan kepada kita bila semuanya kita prioritaskan untuk Kerajaan Allah maka semuanya itu akan ditambahkan Tuhan kepada kita.

Pikiran kita tidak lagi dipenuhi dengan kekuatiran tetapi dengan hikmat Tuhan agar studi atau pekerjaan kita berhasil dan itu memuliakan Kerajaan Allah.

Mari kita kerjakan dengan baik dan serius apa yang Tuhan percayakan kepada kita saat ini, selama kita memprioritaskan semuanya untuk Kerajaan Allah maka orang di sekitar kita akan melihat buahnya dan kita menjadi berkat bagi mereka untuk kemuliaan Tuhan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.