Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : ULANGAN 8:7-11

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah Tuhan Allah membawa mereka ke negeri yang tidak baik?
  2. Bagaimana kondisi negeri yang Tuhan berikan kepada umat pilihanNya?
  3. Apakah seharusnya mereka memuji Tuhan senantiasa karena negeri yang diberikanNya kepada mereka?
  4. Apa yang perlu diperhatikan mengenai perintah, peraturan dan ketetapanNya?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Apa yang Tuhan berikan kepada umat pilihanNya tidak pernah setengah-setengah, Allah selalu memberi dengan limpahnya.

Pada perikop yang kita baca hari ini kita melihat bagaimana Tuhan katakan : “suatu negeri, di mana engkau akan makan roti dengan tidak usah berhemat, di mana engkau tidak akan kekurangan apapun,” Ya, suatu tempat di mana mereka tidak perlu berhemat akan makanan, semuanya ada dengan melimpah dan mereka tidak akan kekurangan apapun.

Saudara, bila kalimat ini dijanjikan oleh manusia atau bahkan dijanjikan oleh raja sekalipun maka kita punya alasan untuk ragu, karena tidak akan ada orang atau raja yang sangat kaya sekalipun dapat menjajikan sedemikian dahsyatnya.

Namun kita tahu bahwa Tuhanlah yang menjanjikan bahwa mereka tidak akan kekurangan apapun, Tuhan tidak pernah lalai dengan janjiNya, umat pilihanNya dapat masuk ke negeri yang dijanjikan dan mereka mengalami kehidupan yang tidak kekurangan apapun selama mereka tetap menyembah Allah yang hidup.

Saudara, kita adalah anak-anak Bapa di surga yang memiliki bumi dan segala isinya, Bapa di surga tidak seperti bapa kita dunia yang terbatas dalam memelihara dan melindungi kita.

Bapa di surga bahkan sangat tahu apa yang menjadi kebutuhan kita lebih dari kita sendiri, jadi bila kita memang adalah anak-anakNya yang taat kepada Dia tidak mungkin kita akan kekurangan.

Ingatlah bahwa Bapa tidak hanya tahu kebutuhan kita tetapi juga tahu bagaimana membuat kita hidup berkelimpahan untuk memanifestasikan kasih dan kemuliaanNya kepada orang-orang yang belum percaya.

Bagaimana kehidupan saudara saat ini?

Biarlah FirmanNya hari ini memberi inspirasi kepada kita semua untuk memiliki keyakinan yang pasti bahwa kita memiliki Bapa yang luar biasa baiknya memiliki kita sebagai anak-anakNya yang tidak kekurangan apapun.

Kata “tidak kekurangan apapun” dalam konteks ini memang berbicara mengenai kebutuhan primer, namun bila kita lanjutkan membaca ayat-ayat berikutnya maka kita melihat bahwa Bapa menyediakan kelimpahan dalam hal materi.

Sehingga tidak seharusnya sebagai anak-anakNya kita “dipusingkan” oleh hal-hal materi, Tuhan sudah menyediakan dengan berlimpah, kita tinggal bekerja dengan hikmat dan kerajinan dari Tuhan untuk mendapatkannya.

Pikiran dan akal budi kita gunakan untuk apa yang Tuhan pikirkan bagi pelayanan yang dapat kita lakukan agar Injil KerajaanNya sampai kepada banyak bangsa dan suku-suku bangsa.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.