Renungan Harian Kita
Penulis : Aris Handoko

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 2 PETRUS 1:16-19

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png

1. Apa yang disaksikan oleh Petrus ketika ia mendengar suara dari Allah Bapa tentang Yesus?
2. Bagaimana pengalaman tersebut mengubah Petrus?
3. Bagaimana Petrus berespon terhadap apa yang dia lihat dan dengar?

This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Seringkali dalam perjalanan hidup kita, apa yang kita lihat dan rasakan jauh lebih nyata dan mempengaruhi kita dibandingkan dengan apa yang kita tahu dan percayai.

Banyak orang muda mungkin mengetahui firman Tuhan yang berkata bahwa Ia menyediakan masa depan yang penuh harapan bagi anak-anakNya (Yeremia 29:11), tetapi yang dialami saat ini adalah sulit mencari pekerjaan dan tidak mudah bersaing dalam studi maupun karir.

Banyak juga orang yang mengetahui firman Tuhan bahwa pencobaan yang dialami tidak akan melebihi kekuatan dan Allah pasti akan memberikan jalan keluar (1 Korintus 10:13), namun saat ini masalah tampak begitu menekan dan sepertinya tidak ada jalan keluar.

Hal yang sama sebenarnya dialami oleh para rasul, sekalipun Yesus hadir secara nyata di depan mereka, namun bukanlah perkara yang mudah bagi mereka untuk percaya bahwa Yesus benar-benar adalah Mesias.

Pada saat itu seluruh orang Israel sedang menanti-nantikan juruselamat. Walaupun Yesus hadir, Yesus tidak hadir dengan cara seperti yang mereka harapkan. Itu sebabnya, bahkan sampai hari ini kebanyakan orang Israel masih menantikan kedatangan Mesias. Jadi kehadiran Yesus saat itu bagi sebagian orang Israel tidak berarti apa-apa!

Petrus pun mengalami keraguan yang sama, namun ia diteguhkan oleh firman dan pengalamannya bersama Yesus sehingga ia menasihatkan kita demikian “Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya (Firman yang telah disampaikan oleh para nabi) sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.”

Inilah yang perlu kita lakukan di tengah semua tantangan dan kelemahan kita, yaitu MEMPERHATIKAN FIRMAN. Apakah Saudara sedang mengalami kondisi yang gelap hari-hari ini? Maukah Saudara meneguhkan hati dengan mengingat firmanNya? Yakinlah di situ Saudara akan melihat Yesus yang hadir dalam hidup Saudara. FirmanNya pasti digenapi!

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Keadaan gelap apa yang sedang Saudara alami?

Cobalah ingat firman Tuhan bagi Saudara berkaitan dengan keadaan tersebut dan bagikanlah dengan pembimbing Saudara atau rekan PA agar Saudara bisa diteguhkan!