Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : II PETRUS 1:10-15

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah II Petrus 1:10

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah nasihat rasul Petrus kepada jemaat Tuhan agar diusahakan dengan sungguh-sungguh?
  2. Apakah tujuannya?
  3. Apakah yang Tuhan karuniakan bagi setiap jemaat Tuhan yang teguh dalam pengenalan dan pilihan Tuhan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Karena Yesus Kristus, Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan.

“Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.” (Efesus 1:4).

Bahkan kita bukan hanya dipilih, tetapi juga dipanggil untuk mengerjakan serta menyelesaikan rencana Bapa, supaya banyak orang mengenal Bapa dan hidup kita semakin serupa dengan Yesus.

“Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.” (Yohanes 15:16).

Tuhan ingin agar panggilan dan pilihan Tuhan bagi kita itu semakin teguh artinya hidup kita tetap setia dalam panggilan dan pilihan Tuhan dengan cara mengerjakan serta menyelesaikan panggilan Tuhan.

Ada banyak hal yang dapat mengalihkan perhatian kita dari panggilan Tuhan, diantaranya kedagingan kita, di dalamnya ada cita-cita pribadi, ambisi pribadi yang bertentangan dengan tujuan Tuhan, kesombongan dan keangkuhan hidup serta keinginan-keinginan pribadi yang bertentangan dengan keinginan Tuhan.

Penderitaan yang kita alami, pergumulan-pergumulan hidup juga dapat mengalihkan perhatian kita dari panggilan Tuhan.

Oleh sebab itu kita harus sungguh-sungguh berusaha memahami panggilan dan pilihan Tuhan atas hidup kita sehingga hidup kita tidak tergoyahkan, seperti pernyataan dari rasul Paulus dalam II Timotius 4:7 “Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.”

Dan pada akhirnya kita masuk dalam Kerajaan Kekal dan memperoleh mahkota kebenaran karena hidup dalam panggilan dan pilihan Tuhan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara dapat meneguhkan panggilan dan pilihan Tuhan dalam hidup saudara sekalipun ada banyak tantangan demi tantangan!