Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : II PETRUS 1:3-5

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah II Petrus 1:3

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita?
  2. Apakah tujuannya Allah mengaruniakan kuasa Ilahi-Nya dan janji-janjiNya yang sangat berharga?
  3. Apakah yang sungguh-sungguh harus kita tambahkan agar pengenalan akan Tuhan berhasil kita capai?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Allah sedang membawa hidup kita dalam pengenalan akan Tuhan yang sempurna dengan memiliki hidup yang saleh supaya kita dapat mengambil bagian dalam kodrat Ilahi dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia ini.

Oleh karena itu, Ia menganugerahkan kepada kita kuasa Ilahi-Nya dan janji-janjiNya yang sangat berharga dan yang sangat besar agar pengenalan akan Allah digenapi di dalam seluruh kehidupan kita.

Kuasa Ilahi-Nya itu adalah Roh Kudus yang tinggal di dalam hati kita ketika kita mengalami kelahiran kembali.

“Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.” (Roma 8:11).

Roh Kudus yang tinggal di dalam hati kita sebagai kuasa Ilahi yang memerdekakan hidup kita dari hukum dunia ini juga dari kedagingan yang coba membangkitkan manusia lama kita.

“Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.” (II Korintus 3:17-18).

Tujuan akhirnya agar kita menjadi sama seperti Yesus.

Bagian kita adalah sungguh-sungguh taat kepada setiap janji yang menjadi kerinduan Tuhan untuk menggenapinya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana nyatanya kuasa Ilahi-nya bekerja dalam hidup saudara sehingga saudara semakin diubahkan dan menjadi seperti Yesus!